Kroasia

13-01-2014 18:01


Bola.net - Kroasia secara resmi menjadi anggota FIFA pada 17 Juli 1941. Uniknya pada laga persahabatan international pertamanya yaitu pada 12 September 1956, Kroasia memilih Indonesia sebagai lawannya. Laga yang dihelat di Zagreb tersebut berakhir dengan skor 5-2 untuk kemenangan Kroasia.

Kroasia baru mengikuti perhelatan Piala Dunia tepatnya pada edisi 1998 di Prancis. Pasalnya, pada periode 1930 hingga 1990 Kroasia masih merupakan bagian dari Yugoslavia.

Kampanye pertama mereka di Piala Dunia bisa dibilang sangatlah manis. Meski harus terlebih dulu melakoni laga di fase play-off, nyatanya skuat Timnas Kroasia kala itu yang dipimpin oleh pelatih Miroslav Blazevic dengan pemain macam Davor Suker dan Goran Vlaovic berhasil menundukkan Jerman di babak perempatfinal dengan skor 3-0. Setelah kalah oleh tuan rumah Prancis di babak semifinal, Kroasia secara mengejutkan menumbangkan Belanda dan berhak atas posisi ketiga.

Setelah Piala Dunia Prancis, Kroasia seakan tak bertaji di beberapa gelaran Piala Dunia berikutnya, tim berjuluk Kockasti tersebut bahkan tidak ikut sera pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Kini, dengan disokong nama-nama seperti Luca Modric, Ivan Rakitic, hingga Mario Mandzukic, Kroasia diharapkan bisa mengulangi atau bahkan melebihi pencapaian terbaik mereka di Piala Dunia 1998.

Skuat untuk Piala Dunia 2014 Brasil:
Kiper: Stipe Pletikosa, Danijel Subasic, Oliver Zelenika
Belakang: Darijo Srna, Domagoj Vida, Sime Vrsaljko, Danijel Pranjic, Vedran Corluka, Dejan Lovren, Gordon Schildenfeld
Tengah: Luka Modric, Ivan Rakitic, Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Ognjen Vukojevic, Ivan Mocinic, Sammir
Depan: Mario Mandzukic, Nikica Jelavic, Ivica Olic, Eduardo Da Silva, Ivan Perisic, Ante Rebic
Pelatih: Niko Kovac

Jadwal pertandingan Grup A
13/06 - 03:00 WIB (Sao Paolo) Brasil - Kroasia
19/06 - 05:00 WIB (Manaus) Kamerun - Kroasia
19/06 - 05:00 WIB (Manaus) Kamerun - Kroasia (bola/bola)



Update Terbaru


PROFIL KLUB LAINNYA