Persebaya Surabaya

01-02-2012 12:01


Bola.net - SEJARAH

Persebaya didirikan Paijo dan M Pamoedji pada 18 Juni 1927 dengan nama Soerabhaiasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB). Kala itu di Surabaya juga ada klub bernama Sorabaiasche Voebal Bond (SVB), bonden (klub) ini berdiri pada tahun 1910 dan pemainnya adalah orang-orang Belanda yang ada di Surabaya.

Pada 19 April 1930, SIVB bersama dengan VIJ Jakarta, BIVB Bandung (sekarang Persib Bandung), MIVB (sekarang PPSM Magelang), MVB (PSM Madiun), VVB (Persis Solo), PSM (PSIM Yogyakarta) turut membidani kelahiran Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dalam pertemuan yang diadakan di Societeit Hadiprojo Yogyakarta. SIVB waktu itu diwakili M Pamoedji. Setahun kemudian kompetisi tahunan antar kota/perserikatan digelar. SIVB berhasil masuk final kompetisi perserikatan pada tahun 1938 meski kalah dari VIJ Jakarta.

Ketika Belanda kalah dari Jepang pada 1942, prestasi SIVB yang hampir semua pemainnya warga pribumi dan sebagian kecil keturunan Tionghoa melejit dan kembali mencapai final sebelum dikalahkan Persis Solo. Akhirnya pada tahun 1943 SIVB berganti nama menjadi Persibaja (Persatuan Sepak Bola Indonesia Soerabaja). Pada era ini Persibaja diketuai Dr Soewandi. Kala itu Persibaja berhasil meraih gelar juara pada tahun 1950, 1951 dan 1952.

Tahun 1960, nama Persibaja diubah menjadi Persebaya (Persatuan Sepakbola Surabaya). Pada era perserikatan ini, prestasi Persebaya juga istimewa. Persebaya adalah salah satu raksasa perserikatan selain PSMS Medan, PSM Makassar, Persib Bandung maupun Persija Jakarta. Dua kali Persebaya menjadi kampiun pada tahun 1978 dan 1988, dan tujuh kali menduduki peringkat kedua pada tahun 1965, 1967, 1971, 1973, 1977, 1987, dan 1990. (*)

DATA KLUB

Nama Klub: Persebaya Surabaya
Alamat: Wisma Eri Irianto, Jalan Karanggayam 1, Surabaya
Julukan: Bajul Ijo, Green Force
Suporter: Bonekmania
Nama Stadion: Gelora 10 Nopember Surabaya
Kapasitas: 30.000

Kostum:
1. Hijau - Hijau - Hijau
2. Hijau Muda/Hitam - Hijau Muda - Hitam
Nama Perusahaan: PT Pengelola Persebaya
Website: persebaya.co.id

MANAJEMEN KLUB
CEO: Gede Widiade
Manajer Tim: Edu Juanda
Pelatih Kepala: Divaldo Alves

DAFTAR PEMAIN

Endra Prasetya, Dedi Iman Sukanto, Rivelino Ardiles, Dimas Galih, Otavio Dutra, Erol Iba, Mat Halil, Edy Gunawan, Sadam Tenang, Nur Fasta, Wirya Kumandra, Jefry Prasetyo, Khomad Suharto, Mario Karlovic, Amaral, Taufiq, Jusmadi, Rendi Irawan, Alia Aurdli, Andik Vermansah, Andrew Barisic, Miko Ardianto.

Pelatih : Divaldo Alves
Asisten Pelatih: Ibnu Grahan, Machrus Afif, Ahmad Rosyidin (bola/bola)



Update Terbaru


PROFIL KLUB LAINNYA