Henry dan Scholes, Fenomena "Comeback" Pemain Awal Tahun 2012

10-01-2012 16:08

 | Thierry Henry

Bola.net - Oleh: Zulfikar Aleksandri
Sepuluh menit setelah masuk menggantikan Marouane Chamakh, Thierry Henry mencetak gol tunggal kemenangan Arsenal atas Leeds United di babak tiga Piala FA.


King Henry: Langsung cetak gol pada debut keduanya bersama Arsenal.


Henry tampak seperti tak pernah meninggalkan London Utara. Henry masuk lapangan bersamaan dengan Theo Walcott yang kini memakai nomor punggungnya, 14, (Henry memakai nomor 12), Henry mencetak gol dengan tipikal penyelesaian akhir yang menjadi trademarknya. Tak ada yang berbeda seperti awal 2000an lalu di Highbury. Hanya, kini Henry sudah berusia 34 tahun.

Henry, yang kini bekerja full-time di New York, kembali gabung Arsenal dengan kontrak berdurasi dua bulan, ketika kompetisi MLS memasuki libur akhir kompetisi dan musim dingin.

Henry datang tak lama setelah dirinya diabadikan dalam bentuk patung di luar Emirates, sebagai bentuk penghormatan tertinggi atas rekor golnya untuk Arsenal (227 gol di semua kompetisi, termasuk gol ke gawang kiper Leeds, Andy Lonergan). Dia akan menjadi tumpuan lini depan Arsenal selain Robin van Persie selama Gervinho dan Marouane Chamakh "pulang kampung" di turnamen Piala Afrika.

Red Bulls mengijinkan Arsenal memakai tenaga Henry tak hanya di Premier League, tapi juga Piala FA dan Liga Champions. Arsenal masih tampil di Liga Champions dan akan menghadapi scudetto Serie A, AC Milan, pertengahan Februari mendatang.

Red Bulls sendiri dijadwalkan bakal mulai melakoni latihan pra musim pekan depan. Mereka berharap Henry sudah kembali sebelum laga pembuka musim ini, 11 Maret.

Sehari sebelum "debut" Henry, Paul Scholes yang akhir musim lalu pensiun, mengambil kembali sepatunya yang telah tergantung dan bermain hingga akhir musim untuk Manchester United.

Bagi kedua pemain tersebut, kembali memakai jersey tim kebanggaan adalah hal yang menarik. Khusus untuk Scholes, ia mengikuti jejak beberapa pesepakbola lain yang sebelumnya juga pernah kembali bermain setelah pensiun, seperti Jens Lehmann dan Mark Bosnich. Di cabang olah raga lainnya, ada nama-nama seperti Michael Jordan dan Lance Armstrong.

"Dia bekerja keras, dan tentu saja fisiknya tak seperti dulu lagi," kata Wenger pada interview dengan France-Presse. "Menurut saya, dalam satu atau dua peka, dia akan kembali ke kondisi terbaik. Setiap orang kini senang melihatnya kembali bergabung dengan tim,"

Sementara itu di Manchester, comeback Scholes yang kembali bermain setelah enam bulan pensiun -bahkan sudah menggelar laga testimonial- seolah menutupi beberapa keputusan kontroversial wasit Chris Foy, termasuk kartu merah pada Vincent Kompany di menit-menit awal pertandingan.

Scholes comeback setelah Fergie masih membutuhkan tenaga dinamo "si rambut jahe". Dua kekalahan beruntun di Premier League, cedera Tom Cleverley, Anderson (sudah pulih dan kembali bermain hari Minggu kemarin) serta virus aneh yang menyerang Darren Fletcher.

"Saya benar-benar kehilangan (bermain sepak bola) sejak pertama kali saya memutuskan pensiun," kata Scholes yang telah bermain lebih dari 600 pertandingan untuk Manchester United sejak tahun 1994 hingga 2010.

Scholes masuk pada babak kedua menggantikan Nani. Ia sempat membuat blunder yang menjadi gol kedua City oleh Sergio Aguero. Tapi sama dengan Henry, "comeback" Scholes juga berakhir manis dengan kemenangan untuk timnya.

Sebagai catatan, David Beckham tampak menyaksikan dua laga tersebut (City vs United dan Arsenal vs Leeds) dari tribun penonton. Beckham sudah melihat langsung dua koleganya kembali bermain. Akankah ini menjadi indikasi Becks untuk segera menerima tawaran klub Eropa? (ny/zul)

THIERRY HENRY: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA