Teror "Kutukan Runner Up" Menghantui Belanda

17-06-2012 14:45

Bola.net -
Malam ini adalah malam yang memiliki tensi tegang tersendiri bagi kubu Belanda. Dimana mereka sedang dihadapkan dengan sejarah kutukan runner-up World Cup.

Tentu saja anda akan bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan "Kutukan Runner Up"?

Kutukan runner-up ini memang memiliki kisah yang unik dimana dari data yang ada setiap tim yang gagal dalam partai final World Cup akan menorehkan prestasi buruk pula saat mereka mengikuti Euro.

Berikut ini data dan fakta tentang "Kutukan runner up".

1. Piala Dunia 1994 dan Euro 1996
Final Piala Dunia 1996 yang dilangsungkan di Amerika Serikat saat itu mempertemukan tim Brasil vs Italia, yang dalam pertandingan tersebut Italia dipaksa mengakui keunggulan tim samba setelah melewati babak adu penalti.

Dua tahun berselang Italia mengikuti Euro 1996 yang diselenggarakan di Inggris dimana tim Azzurri hanya mampu finis di posisi ke-3 fase penyisihan grup setelah mereka kalah jumlah selisih gol dengan Republik Ceko.

2. Piala Dunia 2002 dan Euro 2004
Piala Dunia 2002 memiliki keunikan tersendiri dimana turnameh tersebut pertama kali menunjuk negara Asia sebagai tuan rumah dan FIFA memilih Korea dan Jepang sebagi tuan rumah. Kali ini partai final mempertemukan Jerman vs Brasil dan pertandingan pun harus berkesudahan 0-2 untuk kemenangan Brasil.

Setelah gagal dalam final Piala Dunia 2002 Jerman berusaha membuktikan di Euro 2004 saat Portugal menjadi tuan rumah. Akan tetapi dewi fortuna lagi-lagi masih menjauh dengan Der Panzer dimana mereka hanya mampu finis di peringkat ke-3 fase penyisihan grup.

3. Piala Dunia 2006 dan Euro 2008
Dalam Piala Dunia 2006 yang digelar di Jerman saat partai final memiliki keunikan tersendiri dimana Prancis jawara Piala Dunia 1998 harus menghadapi runner up Piala Dunia 1996, Italia dimana dalam pertandingan ini Prancis harus takluk 5-3 dari tangan Italia.

Penderitaan Prancis masih berlanjut dimana pada Euro 2008 di Austria dan Swiss, Les Bleus hanya menempati posisi juru kunci fase penyisihan Grup lantaran dari tiga pertandingan yang dilakoninya mereka memperoleh hasil sekali seri dan dua kali kekalahan.

4. Piala Dunia 2010 dan Euro 2012
Piala Dunia 2012 ini untuk pertama kalinya digelar di negara Afrika kala itu menyajikan partai final yang sangat menarik antara Belanda dan Spanyol dimana hasil akhir dalam laga tersebut trofi Piala Dunia 2010 berhasil direbut Spanyol.

Euro 2012 kali ini berlangsung di Polandia dan Ukraina dimana kali ini kubu Belanda berada dalam posisi yang sangat berbahaya dimana dari dua laga yang dilakoninya Belanda meraih hasil dua kali kalah. Akankah kutukan runner-up World Cup terpatahkan? (kpl/bola)


ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA