Nama Lengkap : Gnegneri Yaya Toure (Human Train)
Tempat Lahir : Bouake, Pantai Gading
Tanggal Lahir : 13 Mei 1983 (34 Tahun)
Kebangsaan : Pantai Gading
Posisi : Gelandang
No Punggung : 42
Tinggi : 192 cm

Karir

Gnégnéri Yaya Touré atau yang lebih umum dikenal dengan Yaya Touré adalah pemain yang berposisi sebagai gelandang di klub Inggris, Manchester City. Ia adalah pria kelahiran 13 Mei 1983 di Bouaké, Pantai Gading. Yaya Touré juga merupakan punggawa penting timnas Pantai Gading.

Sebelum berada di Manchester City seperti saat ini, Yaya Touré cukup sering berganti klub. Pertama kali Yaya Touré masuk ke dunia sepakbola, ia bergabung dengan ASEC Mimosas atas rekomendasi pelatih pertamanya, Patrick van Reijendam pada 1996. Dari ASEC Mimosas, Yaya Touré menyeberang ke Eropa dan bergabung dengan klub Belgia, Beveren.

Di tahun terakhirnya bersama Beveren, Yaya Touré sempat menjalani trial di Arsenal pada 2003. Namun dikarenakan keraguan Arsène Wenger dan sulitnya mendapat izin kerja, Yaya Touré kemudian beralih untuk bergabung dengan klub Ukraina, Metalurh Donetsk. Pada 2005, Yaya Touré pindah ke Monaco setelah satu setengah tahun di Ukraina.

Monaco membeli Yaya Touré setelah terpikat dengan permainannya kala membela Pantai Gading di ajang Piala Dunia 2006. Sempat berselisih dengan pelatih Monaco saat itu, László Bölöni, Yaya Touré terbukti menjadi pemain yang penting bagi Monaco setelah Bölöni digantikan pelatih baru, Laurent Banide. Ia membantu Monaco keluar dari ancaman degradasi.

Karena performanya tersebut, ia banyak diminati oleh klub-klub besar Eropa. Pada 2007, Yaya Touré memilih bergabung dengan raksasa Catalan, Barcelona. Ia mencetak gol pertamanya untuk Barcelona di ajang Joan Gamper Trophy ketika menang 5-0 melawan Inter Milan. Gol resmi pertamanya terjadi pada 2 September 2007 di La Liga melawan Athletico Bilbao.

Selalu menjadi pilihan utama di skuat sejak bergabung, Yaya Touré mulai tersingkir sejak masuknya Pep Guardiola sebagai pelatih. Pep lebih memilih Sergio Busquets di susunan trio gelandang kreatif. Akhirnya Barcelona mengumumkan telah mengizinkan Yaya Touré untuk mencari klub baru pada musim panas 2010.

Kesempatan ini segera di manfaatkan oleh Manchester City yang sedang giat membangun skuat. Manchester City mengontrak Yaya Touré pada 2 Juli 2010 dengan nilai transfer 24 juta Poundsterling dan durasi 5 tahun. Pembelian Yaya Touré didasari alasan bahwa Yaya Touré adalah bagian dari Barcelona yang memenangkan 6 gelar dalam 1 tahun.

Musim pertamanya berjalan cukup baik karena meskipun belum berhasil meraih gelar liga, namun Manchester City mampu memenangkan Piala FA setelah di final mengalahkan Stoke City, piala yang ditunggu oleh fans selama 35 tahun. Seketika setelah itulah Yaya Touré dengan cepat menjadi idola fans The Eastlands.

Musim keduanya berjalan lebih baik karena selain berhasil membantu Manchester City meraih gelar Premier League pertama sejak 44 tahun, Yaya Touré juga berhasil meraih penghargaan individu yaitu African Footballer of the Year 2011. Sebuah penghargaan yang selama 12 edisi sebelumnya selalu jatuh pada pemain yang berposisi sebagai striker.

Meskipun gagal mempersembahkan gelar di musim ketiganya, musim 2012-2013, Yaya Touré kembali dinobatkan sebagai African Footballer of the Year pada 20 Desember 2012 di Accra, Ghana. Yaya Touré memulai musim keempatnya yaitu musim baru 2013-2014 dengan Manchester City berada di bawah pelatih baru, Manuel Pellegrini. Ia mencetak gol pertamanya di musim ini dari sebuah tendangan bebas saat melawan Newcastle United dengan hasil akhir 4-0 untuk kemenangan City.

Bagi negaranya, Yaya Touré sudah bermain untuk timnas senior sejak 2004. Ia sudah bermain dalam dua edisi Piala Dunia, 2006 dan 2010. Di ajang Piala Afrika, Yaya Touré sudah bermain dalam 5 edisi. Mulai dari 2006 sampai dengan yang terakhir, 2013.        

Yaya Touré yang berpostur tinggi besar, 1.92 meter sering dijuluki sebagai "Colossus" oleh berbagai media. Ia juga diberi julukan "Human Train" atau kereta api manusia karena gaya bermainnya yang sering berlari menerobos dari belakang sampai ke daerah pertahanan musuh. Didukung dengan posturnya, Yaya Touré sulit untuk dihentikan karena memiliki kemampuan mempertahankan bola yang sangat baik.     


Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Yaya Toure

Yaya Toure Bicara soal Masa Depannya di City dan Ibrahimovic

Yaya Toure Bicara soal Masa Depannya di City dan Ibrahimovic

27-02-2017 00:15

Yaya Toure belum bisa memastikan masa depannya di Manchester City. Meskipun belum mendapatkan kontrak, gelandang 33 tahun tersebut akan terus memberikan permainan terbaiknya demi fans.

Toure Ingin Main Bareng Neymar dan Coutinho

Toure Ingin Main Bareng Neymar dan Coutinho

25-02-2017 20:40

Gelandang Manchester City, Yaya Toure, belum lama ini bercanda dan mengatakan ia akan mengubah paspornya untuk menjadi pemain Brasil dan bermain bersama Neymar dan Philippe Coutinho.

Toure: Perlawanan Monaco Belum Berakhir

Toure: Perlawanan Monaco Belum Berakhir

23-02-2017 14:30

Yaya Toure memperingatkan Manchester City bahwa pertandingan 16 besar Liga Champions dengan Monaco masih jauh dari kata usai, meski mereka tengah unggul dua gol dari leg pertama.

Toure: City Bisa Catat Sejarah di Liga Champions

Toure: City Bisa Catat Sejarah di Liga Champions

23-02-2017 09:40

Manchester City siap mencatat sejarah di Liga Champions, menurut Yaya Toure.

Ferdinand: Yaya Toure Selalu Ciptakan Bahaya

Ferdinand: Yaya Toure Selalu Ciptakan Bahaya

22-02-2017 11:40

Mantan bek Manchester United, Rio Ferdinand, belum lama ini mengakui bahwa gelandang Manchester City, Yaya Toure, adalah sosok yang selalu sulit untuk dilawan.

Toure: Jesus Buat Aguero Lebih Baik

Toure: Jesus Buat Aguero Lebih Baik

22-02-2017 10:20

Yaya Toure mengatakan persaingan dengan Gabriel Jesus di tim utama telah membuat Sergio Aguero menjadi pemain yang lebih baik di Manchester City.

Toure Sanjung Aksi Heroik Caballero

Toure Sanjung Aksi Heroik Caballero

22-02-2017 10:10

Aksi heroik Willy Caballero membuat Manchester City sanggup terus mempertahankan semangat juang dan akhirnya menang 5-3 atas AS Monaco di Liga Champions, menurut Yaya Toure.

Banide: Yaya Toure Masih Punya Karir Cerah di Depannya

Banide: Yaya Toure Masih Punya Karir Cerah di Depannya

21-02-2017 15:05

Mantan pelatih AS Monaco, Laurent Banide mengungkapkan keyakinannya bahwa Yaya Toure masih jauh dari kata pensiun dan percaya bahwa gelandang Manchester City tersebut masih memiliki tahun-tahun cerah di depan.

Banide: Yaya Toure Seorang Pembeda

Banide: Yaya Toure Seorang Pembeda

21-02-2017 14:06

Mantan pelatih AS Monaco, Laurent Banide memberikan pujian kepada mantan anak asuhnya yang kini bermain di Manchester City, Yaya Toure sebagai seorang pemain yang bisa membuat perbedaan dalam pertandingan.

Cerita Tentang Awal Sulit Dari Karir Besar Yaya Toure

Cerita Tentang Awal Sulit Dari Karir Besar Yaya Toure

21-02-2017 13:15

Mantan pelatih AS Monaco, Laurent Banide mengungkapkan bagaimana kesulitan dan masalah yang dialami oleh sosok Yaya Toure di awal-awal karirnya jelang pertemuan Manchester City melawan Monaco tengah pekan ini.