FOLLOW US:


Thomas Dooley Bahagia Bawa Timnas Filipina Cetak Sejarah di Piala Asia 2019

29-03-2018 10:53
Thomas Dooley Bahagia Bawa Timnas Filipina Cetak Sejarah di Piala Asia 2019
Timnas Filipina © AFC

Bola.net - Timnas Filipina untuk pertama kalinya akan bermain di Piala Asia setelah lolos dari babak kualifikasi sebagai juara grup F. Yang paling bahagia dalam pencapaian seperti ini adalah sang pelatih tim berjuluk The Azkals tersebut, Thomas Dooley.

"Saya hanya ingin mengatakan satu hal, ini adalah tim terbaik yang kami miliki, ini pelatnas terbaik yang kami miliki selama empat tahun terakhir. Energi, spirit di pemusatan latihan luar biasa, semuanya positif," kata Dooley.

"Seperti itulah tim yang sebenarnya. Semua bekerja. Ini luar biasa. Saya tak melihat satu pun pemain dalam mood jelek. Seluruhnya tertawa, berenergi, fokus. Luar biasa. Kami bicara hal itu sebelum pertandingan. Jika Anda positif, Anda tak akan kalah," imbuh pelatih asal Amerika Serikat itu.

"Mereka ini orang-orang yang membuat sejarah, mereka ini pemain terbaik yang kami miliki sekarang ini di Filipina. Saya sangat, sangat bangga dengan mereka," lanjut pelatih yang menangani Timnas Filipina sejak 2014 itu.

Timnas Filipina sebenarnya hanya butuh hasil imbang di laga terakhir kualifikasi kontra Tajikistan untuk memastikan lolos ke Piala Asia 2019.

Namun, Neil Etheridge dkk. mampu menang 2-1 lewat gol Kevin Ingreso menit ke-74 dan penalti Philip Young Husband menit ke-91. Takijstan, sempat lebih dulu unggul lewat gol Nazarov Akhtam menit ke-68.

The Azkals lolos ke putaran final Piala Asia 2019 sebagai juara Grup F bersama tim runner-up, Yaman.

Secara khusus, Timnas Filipina jadi satu di antara wakil Asia Tenggara (ASEAN) di Piala Asia 2019. Tim lain adalah Vietnam dan Thailand.

Sementara itu, Timnas Indonesia hanya akan jadi penonton pada turnamen tersebut. Indonesia tidak mungkin ikuti di Piala Asia 2019 karena sudah tidak terlibat di babak kualifikasi yang berlangsung sejak sejak 2015 lalu. Ketika itu, Indonesia masih terjerat sanksi dari FIFA.

Sumber: Bola.com