FOLLOW US:


Timnas Basket Berlakukan Promosi dan Degradasi

26-01-2017 13:24
Timnas Basket Berlakukan Promosi dan Degradasi
Wahyu Widayat Jati © SportsChannelIndonesia

Bola.net - Wahyu Widayat Jati memberikan kesempatan kepada siapapun pemain berkualitas untuk membela Tim Nasional (Timnas) basket Indonesia pada SEA Games 2017 nanti. Oleh sebab itu, promosi dan degradasi akan terus ia lakukan untuk mendapatkan komposisi yang pas.

Saat ini Timnas basket Indonesia sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Surabaya. Komposisi pemain yang ada di Surabaya, banyak berubah dibanding nama-nama pemain pada TC di Batam. Pemain yang terdepak antara lain Ebrahim 'Biboy' Enguio Lopez, Oki Wira Sanjaya, Hardianus, dan Rachmad Febri Utomo.

Dalam keterangannya kepada awak media, Wahyu Widayat Jati  sebagai pelatih Timnas memberi penjelasan mengapa mereka harus dicoret. "Kalau Febri habis operasi usus buntu," kata Wahyu ketika bicara tentang Rachmad Febri Utomo.

"Khusus Biboy dan Hardianus, dia tidak ada di liga. Saya sudah berkomitmen dengan coaching staff dan manajemen. Kita bermain dengan data. Tidak ada lagi like and dislike, data yang bicara," jelas Coach Cacing, sapaan akrabnya.

Ia juga menjelaskan kondisi Oki Wira. "Oki saya saya lihat perlu istirahat. Saya lihat dua game dia, dan itu bukan Oki yang biasanya. Saya cek di statistik ternyata benar. Saya juga harus fair," jabar pria yang juga menjadi head coach di CLS Surabaya ini.

Meski sudah terdepak, bukan berarti Timnas sudah menutup pintu. "Masih ada peluang. Makanya tadi saya bilang ke mereka, kalau mereka mau stay di tim ini, harus full effort dan best effort di liga. Itu salah satu acuan kita untuk memasukkan mereka di data tim lagi," terang Coach Cacing. (faw/dzi)