FOLLOW US:


Gara-gara Covid-19, Ukraina Terpaksa 'Bangkitkan' Kiper Berumur 45 Tahun

08-10-2020 08:28

 | Yaumil Azis

Gara-gara Covid-19, Ukraina Terpaksa 'Bangkitkan' Kiper Berumur 45 Tahun
Oleksandr Shovkovskiy kala masih aktif memperkuat Dynamo Kiev. © Wikipedia

Bola.net - Ukraina menelan kekalahan memalukan dalam laga uji coba kontra Prancis yang dilaksanakan di Stade de France, Kamis (8/10/2020) dinihari. Tidak tanggung-tanggung, klub asuhan Andriy Shevchenko tersebut dibantai dengan skor 1-7.

Empat gol bersarang di gawang mereka pada babak pertama. Gol pembuka Eduardo Camavinga disusul oleh brace bomber Chelsea, Olivier Giroud. Kemudian gol bunuh diri Vitaly Mykolenko membuat penderitaan Ukraina bertambah.

Di awal babak kedua, Ukraina sempat memberikan pertanda positif setelah Viktor Tsyhankov mencetak gol pada menit ke-53. Sayangnya mereka tidak tak bisa membendung aksi Correntin Tolisso, Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann.

Kekalahan ini menunjukkan bahwa jarak kualitas antara kedua negara begitu jauh. Namun Ukraine punya alasan jelas kenapa bisa menelan kekalahan, yakni karena sedang berada dalam situasi yang buruk.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Kiper 45 Tahun Bangkit Lagi

Sebelum pertandingan digelar, Timnas Ukraina mendapatkan kabar buruk di mana ketiga penjaga gawangnya dinyatakan positif Covid-19. Salah satunya adalah kiper Real Madrid, Andriy Lunin.

Gara-gara kasus ini, Ukraina jadi tinggal menyisakan Georgiy Bushchan di posisi penjaga gawang. Mereka membutuhkan satu sosok kiper pengganti, dan pada akhirnya memutuskan untuk membangkitkan kiper berusia 45 tahun.

Kiper tersebut bernama Oleksandr Shovkovskiy yang sejak tahun 2018 lalu menjabat sebagai asisten pelatih Ukraina. Benar, ia sudah tidak lagi aktif bermain. Shovkovskiy menutup karirnya saat bersama Dynamo Kyiv pada tahun 2016 silam.

Shovkovskiy juga telah memutuskan pensiun dari pentas internasional sejak tahun 2012 lalu. Mulai tahun 1994 hingga gantung sepatu, pria kelahiran 2 Januari 1975 itu menorehkan total 92 penampilan bersama Timnas Ukraina.

2 dari 2

Bisa Bermain di Situasi Tertentu

Sang kiper sudah tidak aktif bermain selama empat tahun. Untungnya, ia tetap menjaga kebugarannya sehingga bisa membantu Ukraina yang sedang dalam kesulitan, walaupun dirinya tidak bermain di pertandingan kali ini.

"Oleksandr Shovkovskiy mengakhiri karir profesionalnya sebagai pemain pada Desember 2016, namun tetap menjaga kondisinya, terus-menerus melakulan latihan individu," begitu pernyataan dari federasi sepakbola Ukraina.

"Staf pelatih dari Timnas Ukraina menekankan bahwa mereka tidak menganggap Oleksandr Shovkovskiy sebagai peserta wajib dalam pertandingan ini," tutup pernyataan tersebut.

Pernyataan itu juga menyebutkan kalau Shovkovskiy hanya akan bermain jika Buschan mengalami masalah. Contohnya ikut terjangkit Covid-19 atau mengalami cedera saat laga sedang berlangsung.

(Goal International)