FOLLOW US:


Menangi Treble Internasional, Henderson Masuk Jajaran Kapten Elit Bersama Iniesta dan Ramos

25-12-2019 09:29

 | Dimas Ardi Prasetya

Menangi Treble Internasional, Henderson Masuk Jajaran Kapten Elit Bersama Iniesta dan Ramos
Jordan Henderson antarkan Liverpool juara Piala Dunia Antarklub 2019. © AP Photo

Bola.net - Ikuti jejak Sergio Ramos dan Andres Iniesta, Jordan Henderson jadi salah satu dari tujuh kapten di Eropa yang pernah membantu timnya memenangi treble internasional.

Henderson baru saja membawa Liverpool jadi juara Piala Dunia Antarklub 2019. Ia membantu The Reds memenangi trofi tersebut setelah mengalahkan Monterrey di semifinal dan Flamengo di babak final.

Kemenangan ini sendiri sangat bersejarah. Ini adalah pertama kalinya Liverpool meraih trofi tersebut di sepanjang sejarah mereka.

Kemenangan itu juga menciptakan sejarah baru. Liverpool jadi satu-satunya tim asal Inggris yang bisa mencatatkan treble internasional di tahun kalender yang sama. Pasukan Jurgen Klopp sebelumnya menjadi juara Liga Champions 2018-19. Setelah itu mereka memenangi trofi UEFA Super Cup.

Bagi Henderson, kemenangan itu juga mencatatkan sejarah penting. Ia jadi satu-satunya kapten asal Inggris yang pernah membawa timnya meraih treble internasional.

Namanya pun berhak masuk ke jajaran elit kapten di Eropa yang pernah meraih prestasi yang sama. Di antaranya Sergio Ramos, kapten Real Madrid dan Andres Iniesta, mantan kapten Barcelona.

Tak mudah untuk bisa mencatatkan prestasi ini. Pemain legendaris seperti Paolo Maldini dari AC Milan dan Javier Zanetti dari Inter Milan bahkan gagal melakukannya.

Selain Jordan Henderson, berikut daftar lengkap kapten di Eropa yang pernah membawa timnya meraih treble internasional.

1 dari 6

Fernando Hierro

Fernando Hierro
Fernando Hierro dan Sergio Ramos © AFP

Fernando Hierro adalah salah satu legenda Real Madrid. Raihan treble international itu ia catatkan pada tahun 2002 silam.

Ia membawa Madrid jadi juara Liga Champions setelah di final mengalahkan Bayer Leverkusen 2-1. Di ajang UEFA Cup, ia membawa Los Blancos menaklukkan Feyenoord dengan skor 3-1.

Kemudian di ajang Piala Dunia Antarklub (saat itu masih diberi nama Interkontinental Cup), Madrid berhadapan lawan Olimpia. Hierro membawa Madrid menumbangkan wakil Paraguay tersebut dengan skor 2-0 di Yokohama International Stadium di Jepang.

2 dari 6

Carles Puyol

Carles Puyol
Carles Puyol berpose dengan Trofi Liga Champions di Surabaya dalam rangkaian acara UEFA Champions League Presented by Heineken pada hari Rabu (13/3). © Heineken

Ia adalah legenda Barcelona. Pemain yang dahulu bermain di sektor bek tengah ini membawa Blaugrana meraih hattrick trofi internasional pada tahun 2009.

Di Liga Champions, Puyol membawa Barca mengalahkan Manchester United 2-0. Kemudian di ajang UEFA Super Cup, Barcelona mengakhiri perlawanan Shakhtar Donetsk dengan skor tipis 1-0.

Di ajang Piala Dunia Antarklub, Barcelona dihadapkan dengan wakil Argentina, Estudiantes, di Abu Dhabi. Sama seperti Liverpool, Puyol dkk dipaksa bermain melalui babak extra time, sebelum akhirnya menang 2-1.

3 dari 6

Philipp Lahm

Philipp Lahm
Joachim Loew dan Philipp Lahm © AFP

Ia adalah legenda sepak bola Jerman dan Bayern Munchen. Defender serba bisa ini membawa Bayern meraih treble internasional pada tahun 2013.

Di Liga Champions, Bayern dibawanya mengalahkan tim senegaranya yakni Borussia Dortmund, yang saat itu masih ditangani oleh Jurgen Klopp. Dortmund saat itu dikalahkan dengan skor 2-1.

Di UEFA Super Cup, Bayern berhadapan dengan Chelsea. Keduanya bermain imbang 2-2 hingga babak extra time. Pada babak adu penalti, Lahm dkk akhirnya menang 5-4.

Di Piala Dunia Antarklub, Bayern Munchen dihadapkan dengan wakil Maroko, Raja Casablanca di Marrakesh. Hasilnya, Lahm cs menang 2-0.

4 dari 6

Andres Iniesta

Andres Iniesta
Andres Iniesta. © AFP

Andres Iniesta adalah legenda Barcelona. Hebatnya ia tak cuma sekali namun dua kali meraih treble international yakni pada tahun 2011 dan 2015.

Di tahun 2011, di Liga Champions Barca dibawanya mengalahkan Manchester United dengan skor 3-1. Kemudian pada tahun 2015, Blaugrana dibawanya mengalahkan Juventus 3-1 juga.

Kemudian UEFA Super Cup 2011, Barca dibawanya menang atas FC Porto dengan skor 2-0. Sementara pada tahun 2015, Blaugrana jumpa Sevilla dan akhirnya menang 5-4 setelah melalui babak extra time.

Di ajang Piala Dunia Antarklub edisi 2011, Barca berjumpa wakil Brasil, Santos. Iniesta dkk menang telak 4-0 di laga yang dihelat di Yokohama, Jepang.

Kemudian pada Piala Dunia Antarklub edisi 2015, Barca dipertemukan dengan wakil Argentina, River Plate. Duel yang juga dihelat di Yokohama ini dimenangi Blaugrana dengan skor telak 3-0.

5 dari 6

Iker Casillas

Iker Casillas
Iker Casillas © AFP

Ia adalah legenda dan mantan kiper nomor satu Real Madrid. Los Blancos pernah dibawanya meraih treble international pada tahun 2014.

Di Liga Champions, Real Madrid bertarung lawan Atletico Madrid di final. Setelah melalui babak extra time, Casillas membawa timnya menang dengan skor telak 4-1.

Sementara itu di ajang UEFA Super Cup, Real Madrid dipertemukan dengan wakil Spanyol lainnya yakni Sevilla. Kali ini Casillas cs menang 2-0 langsung.

Di ajang Piala Dunia Antarklub, Madrid bersua dengan wakil Argentina, San Lorenzo di Marrakesch, Maroko. Casillas memimpin timnya menang 2-0.

6 dari 6

Sergio Ramos

Ia adalan kapten Real Madrid saat ini. Ia memimpin Los Blancos meraih treble internasional dua kali yakni pada tahun 2016 dan 2017.

Di Liga Champions pada tahun 2016, Ramos memimpin Madrid mengalahkan Atletico Madrid 5-3 melalui adu penalti. Di tahun 2017, ia membantu timnya mengalahkan Juventus 4-1.

Kemudian di UEFA Super Cup 2016, Madrid berhadapan dengan Sevilla dan menang 3-2. Pada tahun 2017, Los Blancos menjinakkan Manchester United 2-1.

Pada Piala Dunia Antarklub 2016, Madrid bersua dengan wakil Jepang, Kashima Antlers di final. Setelah melalui babak adu penalti, Ramos dkk menang 4-2.

Setahun berikutnya, di final di Abu Dhabi, Real Madrid berjumpa dengan Gremio. Wakil Brasil itu ditaklukkan oleh Sergio Ramos dkk dengan skor 1-0.