FOLLOW US:


Begini Cara Liverpool Tunjukkan Aksi Dukungan untuk Gerakan #BlackLivesMatter

02-06-2020 00:45

 | Dimas Ardi Prasetya

Begini Cara Liverpool Tunjukkan Aksi Dukungan untuk Gerakan #BlackLivesMatter
Youll Never Walk Alone terukir di Shankly Gates di Stadion Anfield. © LFC

Bola.net - Semua penggawa Liverpool kompak berlutut di tengah lapangan pada sesi latihan hari Senin (01/06/2020) untuk menunjukkan dukungan mereka atas gerakan #BlackLivesMatter.

Gerakan #BlackLivesMatter kembali menggema dalam beberapa hari belakangan ini. Hal tersebut tak lepas dari aksi brutal oknum polisi di Powderhorn, Minneapolis, Minnesota.

Empat oknum polisi melakukan penangkapan terhadap seorang warga kulit hitam bernama George Floyd. Namun aksi penangkapan itu begitu brutal.

Sebab seorang polisi bernama Derek Chauvin, menekan leher Floyd selama sekitar sembilan menit dengan lututnya. Meski sempat mengaku kesulitan bernafas, namun Chauvin menghiraukan ucapan pria 45 tahun tersebut.

Aksi itu akhirnya berujung petaka. Floyd tewas. Warga kulit hitam di Minneapolis kemudian ramai-ramai melakukan protes atas aksi kekerasan polisi tersebut.

Situasi jadi kisruh karena ternyata polisi tak kunjung menangkap Chauvin dan tiga polisi lainnya yang terlibat. Mereka justru melakukan tindakan represif serta menangkap orang-orang yang melakukan aksi protes dan bahkan ikut membekuk jurnalis yang melakukan liputan.

1 dari 2

Aksi Liverpool

Aksi protes itu akhirnya menjalar ke penjuru Amerika Serikat. Bahkan, aksi itu juga menular hingga ke Eropa.

Apalagi insiden rasisme juga masih kerap terjadi di benua Biru tersebut. Beberapa pemain Liverpool juga pernah menjadi korban aksi tak terpuji tersebut.

Maka dari itu tim asuhan Jurgen Klopp itu pun sangat mendukung gerakan #BlackLivesMatter. Jordan Henderson dkk secara simbolis melakukan aksi berlutut dengan satu kaki saat melakoni sesi latihan.

"Persatuan adalah kekuatan."

"Itu adalah momen yang diprakarsai oleh skuat yang bermain, yang kemudian membawanya ke akun media sosial masing-masing untuk memposting gambar dengan tulisan: “Persatuan adalah kekuatan. #BlackLivesMatter,” demikian keterangan dari pihak Liverpool.

2 dari 2

Aksi Serupa di Jerman

Sebelumnya aksi solidaritas tersebut dilakukan oleh penggawa Borussia Monchengladbach, Marcus Thuram. Ia juga melakukan aksi berlutut usai mencetak gol di laga lawan Union Berlin.

Sementara itu winger Borussia Dortmund Jadon Sancho menunjukkan dukungannya pada aksi protes atas insiden George Floyd di laga lawan Paderborn. Ia menunjukan tulisan di kaus dalamnya kala berselebrasi: "Keadilan untuk George Floyd."

Hal yang sama juga ditunjukkan oleh bek kanan Dortmund, Achraf Hakimi. Demikian pula oleh pemain Schalke asal Amerika, Weston McKennie.

Namun ada kabar kurang bagus dari Jerman. Sebab kabarnya DFB akan melakukan pemeriksaan terkait selebrasi tersebut.

(LFC)