FOLLOW US:


Manny Pacquiao Bakal Nyalakan Kaldron SEA Games 2019 Filipina

26-11-2019 08:30

 | Anindhya Danartikanya

Manny Pacquiao Bakal Nyalakan Kaldron SEA Games 2019 Filipina
Petinju Filipina, Manny Pacquiao © AP Photo

Bola.net - Petinju dunia asal Filipina, Manny Pacquiao, dipastikan bakal menjadi salah satu orang yang menyalakan kaldron utama dalam upacara pembukaan SEA Games 2019. Demikian yang dilansir oleh Philstar, Jumat (22/11/2019).

Selain Pacquiao, panitia penyelenggara SEA games 2019 (PHISGOC), sudah menyiapkan atlet-atlet lain untuk terlibat dalam upacara pembukaan, terutama sesi penyalaan api.

Sebelumnya, pesenam muda Filipina, Carlos Yulo, dikabarkan akan menjadi penyala api kaldron tersebut. Rencananya, Yulo akan membawa api tersebut untuk kemudian diserahkan kepada Pacquiao.

Yulo akan dibantu enam atlet lain yang membawa bendera. Mereka adalah atlet angkat berat peraih medali emas Asian Games 2019, Hidilyn Diaz; petinju wanita juara dunia, Nesthy Petecio, dan juara Asia lompat galah, EJ Obiena.

Selain itu, ada pula atlet skateboard, Margielyn Didal; judoka Kiyomi Watanabe dan peraih medali perak juara dunia, Eumir Marcial (tinju).

1 dari 2

Inspirasi Atlet Filipina

Kepastian keterlibatan Pacquiao dikonfirmasi oleh staf media petinju yang menjadi ikon olahraga Filipina itu.

"Senator adalah sosok yang mampu memberikan dukungan moral pada atlet Filipina. Dia adalah inspirasi semua atlet. Dia sudah mengonfirmasi untuk berpartisipasi di SEA Games," demikian keterangan staf media Pacquiao, Rene Casibang, dikutip dari Manila Times.

Ini bukan kali pertama Pacquiao menjadi wakil Filipina dalam upacara ajang olahraga internasional. Pada Olimpiade Beijing 2008, Pacquiao adalah pembawa bendera kontingen Filipina.

Upacara pembukaan SEA Games 2019 akan digelar di Philipine Arena, Bulacan. Ini merupakan stadion indoor terbesar di Filipina saat ini.

2 dari 2

Dibuka Presiden Duterte

SEA Games 2019 rencananya akan dibuka secara langsung oleh Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Upacara pembukaan akan berlangsung di Philippine Arena, Sabtu (30/11/2019).

SEA Games Filipina akan melombakan 529 nomor dari 56 cabang olahraga. Venue-venue pertandingan tersebar dalam 15 kota di seluruh Filipina.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Wiwig Prayugi/Editor: Rizki Hidayat/Dipublikasi: 25 November 2019