FOLLOW US:


Melalui Goal Common, Juan Mata Ajak Pesepakbola Dunia Beramal

26-10-2017 19:15

 | Juan Mata

Melalui Goal Common, Juan Mata Ajak Pesepakbola Dunia Beramal
Juan Mata © AFP

Bola.net - Gelandang Manchester United Juan Mata memimpin sebuah gerakan amal bernama Goal Common, di mana ia dan para pesepakbola dunia rela memotong gajinya untuk disalurkan ke berbagai kegiatan kemanusiaan di seluruh dunia.

Acara amal ini sendiri awalnya berasal dari ide sebuah kelompok amal bernama Streetfootballworld. Mereka kemudian meluncurkan kegiatan amal tersebut dengan dukungan dari Mata.

Mata sendiri kemudian rela gajinya dipotong setidaknya sebesar satu persen untuk kegiatan amal tersebut. Ia pun mengajak para pemain lain untuk ikut dalam gerakan tersebut.

Uang yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk amal sepakbola berdampak tinggi dari seluruh dunia. Goal Common sendiri menciptakan cara kolaboratif bagi sepakbola untuk memberikan kontribusi kembali kepada masyarakat. Ini cara yang paling efektif dan berkelanjutan agar sepakbola dapat memberikan dampak sosial jangka panjang dalam skala global.

Giorgio Chiellini



Akan tetapi, tujuan jangka panjangnya adalah untuk membuka 1% dari seluruh pendapatan industri sepakbola untuk amal sepakbola akar rumput yang memperkuat komunitas mereka melalui olahraga.

Begitu gerakan tersebut dimulai, Mata langsung mendapatkan respon positif dari 16 pemain. Di antaranya adalah bek Juventus Giorgio Chiellini, penyerang timnas Putri AS Alex Morgan, Bek Bayern Munchen Mats Hummels, Dennis Aogo dari klub Vfb Stutgart, Shinji Kagawa dari Borussia Dortmund, hingga Hasan Ali Kaldirim, pemain Fenerbahce.

Alex Morgan



Namun tak semua pemain itu menyumbangkan satu persen gajinya. Ada yang bersedia gajinya dipotong sebesar dua persen, seperti Aogo.

"Saya percaya lebih dari sebelumnya bahwa sepakbola bisa mengubah dunia. Tapi seperti di atas lapangan, kita perlu bekerja sama. Inilah yang sedang kita lakukan dengan Common Goal," seru Mata. (pltr/gl/dim)