FOLLOW US:


Merogoh Wasit Sampai Bujuk Bocah, Ritual Lucu Kiper Dortmund

29-09-2017 14:45

 | Roman Burki

Merogoh Wasit Sampai Bujuk Bocah, Ritual Lucu Kiper Dortmund
Roman Burki © AFP

Bola.net - Setiap pemain sepakbola punya ritual sendiri-sendiri sebelum bertandingan. Meski kadang tidak masuk akal, hal tersebut diyakini mampu membawa keberuntungan ketika bermain di atas lapangan.

Salah satu pesepakbola yang masih aktif dan memiliki ritual unik saat ini adalah Roman Burki. Penjaga gawang andalan Borussia Dortmund itu takkan tenang sebelum ia bisa menyentuh bola pertandingan sebelum kick-off dilakukan.

Namun kadang bola tidak ada di tempat yang mudah dijangkau dan Burki harus berusaha ekstra keras untuk melaksanakan ritualnya.

Di satu waktu, penjaga gawang Swiss itu sampai harus merogoh bola di bawah kaki wasit. Sementara dalam beberapa kesempatan lain ia tak jarang membujuk para maskot atau anak kecil yang mendampingi sang pengadil, untuk memberikan bola yang mereka pegang.

Ritual aneh nan unik Burki tersebut belum lama ini dikemas dalam sebuah video kompilasi yang diunggah oleh akun Twitter resmi Dortmund, seperti yang bisa dilihat sendiri di bawah ini.

Entah ada hubungannya atau tidak, sejauh ini ritual Burki terbukti memberikan pengaruh positif pada tim asuhan Peter Bosz. Mereka tengah perkasa di puncak klasemen Bundesliga, mengungguli Hoffenheim dan Bayern Munchen.