FOLLOW US:


Pogba, Mbappe, hingga Beckham Bersedih Atas Terbakarnya Notre Dame

16-04-2019 23:16

 | Paul Pogba

Pogba, Mbappe, hingga Beckham Bersedih Atas Terbakarnya Notre Dame
Katedral Notre Dame saat dilalap si jago merah, Minggu (14/04). © AP Photo

Bola.net - Sejumlah pesepakbola papan atas, khususnya yang berasal dari Prancis, mengungkapkan kesedihannya melihat Katedral Notre Dame terbakar pada hari Minggu (14/04) lalu.

Kebakaran itu terjadi pada malam hari. Area yang terbakar merupakan area yang tengah direnovasi dan tak sampai menjalar hingga ke bangunan utama.

Namun sebagai akibat dari kebakaran itu, sebagian atap dan menara katedral tersebut musnah terbakar. Untungnya semua artefak yang ada di area yang terbakar itu dalam kondisi aman.

Kebakaran itu sendiri diyakini terjadi karena kecelakaan. Butuh waktu sekitar 15 jam bagi pemadam kebakaran untuk mematikan si jago merah.

(ig/twt/lfp/dim)
1 dari 2

Ikut Prihatin


Kebakaran yang melanda katedral ikonik dan bersejarah itu mengguncang publik Prancis. Demikian juga halnya dengan para pesepakbola top yang berasal dari negeri itu.

Di antaranya gelandang Manchester United, Paul Pogba. Dalam Story Instagram miliknya, ia mengunggah foto bangunan Notre Dame sembari menambahkan emoji wajahnya sendir yang menangis.

 (c) Instagram
(c) Instagram

Kemudian ada juga penyerang timnas Prancis dan PSG, Kylian Mbappe. Ia mengunggah foto katedral yang saat itu tengah dilalap si jago merah dan menambahkan emoticon menangis dan bendera Prancis.

Demikian juga dengan eks kapten timnas Inggris, David Beckham. Ia sebelumnya pernah memperkuat PSG.

Ia mengunggah foto Notre Dame di Story Instagram-nya. Ia juga menuliskan pesan keprihatinan.

 (c) Instagram
(c) Instagram

"Pikiran dan doa kami tak hanya dengan rakyat Prancis dan Paris tapi semua orang yang pernah mendapat kegembiraan dan pengalaman dari tempat yang luar biasa ini."

Neymar juga tidak ketinggalan. Bomber PSG asal Brasil ini mengunggah foto sketsa salah satu karakter ciptaan Disney yakni Si Bungkuk dari Notre Dame, yang menangis sembari memeluk replika Katedral Notre Dame. Selain itu ia juga menuliskan pesan Pray for France alias Doa untuk Prancis.



2 dari 2

Bantuan dari LFP


Sementara itu PSSI-nya sepakbola Prancis, LFP, juga telah menyatakan akan ikut membantu proses pemulihan katedral tersebut. Hal itu dikonfirmasikan oleh Presiden LFP, Nathalie Boy de La Tour.

"Dunia sepakbola [Prancis] akan bergerak untuk membantu membangun kembali secara finansial katedral ini yang merupakan bagian dari warisan kami."

"Ini adalah bantuan yang akan kami koordinasi dengan semua pemain di sepakbola. Kami akan ikut solidaritas dalam drama ini yang memengaruhi kami semua. Ini sangat menyentuh kami."