FOLLOW US:


Unik! 'Liverpool' Jadi Salah Satu Password yang Paling Mudah Ditebak

22-04-2019 12:30
Unik! 'Liverpool' Jadi Salah Satu Password yang Paling Mudah Ditebak
Selebrasi Mohamed Salah usai membobol gawang Chelsea © AP Photo

Bola.net - Liverpool mungkin memiliki pertahanan terbaik di Premier League musim ini, tetapi kata "Liverpool" ternyata merupakan salah satu yang paling tidak aman di kehidupan sehari-hari. Ternyata ada banyak pengguna internet yang memilih "Liverpool: sebagai password alias kata sandi akun media sosial mereka.

Mengutip ESPN FC, The National Cyber Security Centre (NCSC) di United Kingdom baru saja menyelenggarakan "cyber survey" pertama mereka yang dimaksudkan untuk memberitahukan kebijakan pemerintah dan memberikan panduan untuk menjaga informasi online warganet.

Uniknya, survei ini menemukan bahwa kata "Liverpool" merupakan salah satu kata sandi yang paling populer. Tercatat, setidaknya ada 280.723 akun media sosial yang menggunakan nama klub tersebut sebagai kata rahasia untuk mencegah akses pada informasi personal.

Selain Liverpool, tim mana lagi yang sering digunakan? Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Tidak Sadar

Adapun dari 280.723 orang yang memasang password "Liverpool" tersebut, hanya 15 persen dari mereka yang menyadari betapa pentingnya melindungi diri mereka sendiri dari pembajakan data online.

Biarpun demikkian, password yang paling populer tetaplah "123456" di UK, dan tentu saja, "password" merupakan salah satu kata kunci yang paling sering dipakai.

Selain itu, "Manchester United" merupakan password nama tim keempat yang paling banyak digunakan di UK. MU berada di bawah "Arsenal", "Chelsea", dan tentu saja "Liverpool" yang berada di peringkat pertama.

Sementara itu, password "Manchester City" tertinggal jauh di posisi ke-11.

2 dari 2

Data Penting

Di dunia modern ini, data adalah salah satu sumber daya yang paling berharga. Data merupakan salah satu komoditas utama yang bakal membentuk wajah masa depan. Sebab itu, kata sandi sangatlah penting.

Dr. Ian Levy, NCSC technical director berkata: "Menggunakan kata sandi yang sulit ditebak merupakan langkah pertama yang penting, dan kami merekomendasikan menggunakan tiga kata yang random tetapi mudah diingat."

"Cobalah kreatif dan menggunakan kata-kata yang mudah anda ingat, jadi orang-orang tidak bisa menebak kata sandi anda."

Berangkat dari pemahaman itu, jika ingin data personal kita aman, sebaiknya jangan menggunakan nama klub sepak bola favorit.