10 Pemain Paling Muda yang Menjalani Debut di Bundesliga (Bagian 1)

Asad Arifin | 25 November 2020 14:51
Giovanni Reyna (kanan) memeluk Erling Braut Haaland saat laga Dortmund melawan PSG di babak 16 besar Liga Champions. (c) AP Photo

Bola.net - Bundesliga telah begitu sering menerbitkan talenta berbakat dalam dunia sepak bola. Keberanian klub memainkan pemain dari akademinya menjadikan kompetisi tersebut sangat cocok untuk bintang muda sepak bola.

Borussia Dortmund menjadi gambarannya yang di dalamnya berisikan pemain dengan rata-rata usia 25,3 tahun. Nama-nama seperti Gio Reyna, Erling Haaland, Jude Bellingham dan Jadon Sancho kini menjadi pemain reguler di usia mudanya.

Tak cukup sampai di situ, Dortmund kembali menjadi sorotan ketika menurunkan Youssoufa Moukoko yang baru saja menginjak usia 16 tahun. Bintang muda yang begitu meledak di tim junior Dortmund tersebut memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang turun di Bundesliga.

Tidak hanya Youssoufa Moukoko, Bundesliga sedari dulu memang sudah bersahabat dengan para pemain muda. Banyak pemain yang bergantian memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang tampil di Bundesliga.

Pemain muda yang diturunkan pun tentu tidak sembarangan, berkat skill mumpuni di tim junior yang spesial membuatnya bisa masuk ke dalam jajaran pemain paling muda yang menjalani debut di Bundesliga. Disadur dari situs resmi Bundesliga, berikut urutan 10-6 pemain tersebut.

1 dari 5 halaman

10. Maximilian Beier

Musim lalu, bukan hanya Dortmund yang berani menurunkan pemain-pemain muda di Bundesliga. Hoffenheim juga turut memberikan Maximilian Beier, pemain akademinya menit bermain di Bundesliga.

Maximilian Beier merasakan debutnya pada usia 17 tahun, tiga bulan, 22 hari, namun sayang Beier memulai debutnya ketika timnya dikalahkan 1-0 oleh Freiburg. Dengan usianya saat itu, Beier kemudian menggeser Niklas Sule yang sebelumnya menjadi debutan termuda di Hoffenheim.

Sejauh ini penyerang berkebangsaan Jerman tersebut telah merasakan tujuh kali tampil di tim senior Hoffenheim. Di kesempatannya tersebut Beier masih belum mampu memberikan kontribusi apa pun.

2 dari 5 halaman

9. Simon Asta

Simon Asta pada pernah menjalani debutnya di Bundesliga musim 2017/18 di Augsburg klubnya sedari tim junior. Pada usia 17 tahun, tiga bulan, 17 hari, pemain yang berposisi asli sebagai bek kanan tersebut turun menggantikan Jan Movarek di sepuluh menit akhir pertandingan kontra Freiburg.

Setelahnya, Simon Asta baru kembali tampil lagi di Bundesliga pada akhir musim 2018/19. Asta kemudian kembali menerima pil pahit di kesempatan tampil pertamanya lagi di tim senior karena timnya dihancurkan 8-1 oleh Wolsburg.

Kini Simon Asta tidak lagi memperkuat Augsburg dan dilepas murah pada bursa transfer awal musim 2020/21 ke Greuther Furth klub kasta kedua liga Jerman.

3 dari 5 halaman

8. Josha Vagnoman

Josha Vagnoman mengasah bakat sepak bolanya di klub tempat kelahirannya Hamburg dan kini masih berada di sana. Vagnoman yang sedari awal selalu ada di lingkungan Hamburg berhasil mendapatkan debutnya di tim senior pada Maret 2018 di laga sulit melawan Bayern Munchen.

Vagnoman yang masih berusia 17 tahun, dua bulan, 27 hari terpaksa harus memulai debutnya dengan pelajaran besar karena dibantai habis oleh Bayern dengan skor 6-0. Di musim itu juga, Vagnoman menyaksikan klubnya akhirnya turun ke kasta kedua untuk pertama kalinya dalam sejarah.

4 dari 5 halaman

7. Gio Reyna

Gio Reyna mengikuti jejak seniornya dari Amerika Serikat Christian Pulisic yang lebih dulu memulai debutnya di Borussia Dortmund. Seperti Pulisic, Gio Reyna juga memiliki bakat luar biasa dan kini tengah menjalani musim sebagai pemain reguler untuk Dortmund.

Gio Reyna memulai debutnya musim lalu dengan menggantikan Thorgan Hazard di laga kontra Augsburg pada usia 17 tahun, dua bulan, enam hari. Sejak debutnya tersebut Gio Reyna telah memancing perhatian dengan tampil berani serta membuat umpan kunci untuk gol ketiga Erling Haaland di laga tersebut.

Musim ini Reyna telah tampil sebanyak delapan kali di Bundesliga dan telah memainkan peran penting lewat satu gol dan empat assistsnya untuk Dortmund.

5 dari 5 halaman

6. Ibrahim Tanko

Sebelum Gio Reyna dan yang lainnya di Borussia Dortmund, ada Ibrahim Tanko yang memegang rekor sebagai pemain termuda yang melakukan debut di Bundesliga. Pada musim 1994/95, Ibrahim Tanko memainkan pertandingan pertamanya di usia 17 tahun, dua bulan.

Ibrahim Tanko yang berposisi sebagai second striker selama enam musim membela Borussia Dortmund. Di klub tersebut, Tanko tampil sebanyak 71 kali dengan raihan tiga gol dan tiga assists.

Meskipun tidak menonjol Ibrahim Tanko termasuk ke dalam pemain yang pernah merasakan dua kali juara Bundesliga dan satu kali juara Liga Champions bersama Dortmund. Setelahnya Tanko melanjutkan karir di Freiburg dan tampil di 122 laga selama enam musim.

Sumber: Bundesliga

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR