Hoffenheim vs Bayern Munchen: Pemain Ngobrol Santai di Lapangan, Pertandingan Bundesliga Teraneh?

Richard Andreas | 1 Maret 2020 03:30
Aksi protes fans Bayern Munchen pada laga tandang ke Hoffenheim. (c) AP Photo

Bola.net - Hoffenheim dan Bayern Munchen memainkan salah satu pertandingan paling aneh dalam sejarah Bundesliga. Pemain kedua tim hanya saling mengumpan bola selama 13 menit akhir pertandingan, tanpa niat menyerang satu sama lain.

Kala itu, Bayern sudah unggul 6-0 ketika spanduk ofensif terhadap presiden Hoffenheim, Dietmar Hopp, dikibarkan oleh fans mereka yang menyambangi Rhein-Neckar Arena.

Pertandingan pun terpaksa dihentikan selama 20 menit, seiring pemain dan staf Bayern meminta fans untuk menurunkan spanduk tersebut. Karena tidak ada perubahan, wasit pun meminta pemain kedua tim turun ke ruang ganti.

Sempat tertunda, laga akhirnya kembali dilanjutkan di menit ke-77. Fans diwanti-wanti bahwa pertandingan akan dibatalkan jika spanduk yang sama kembali dikibarkan.

Uniknya, pemain kedua tim sepertinya sudah menjalin kesepakatan selama masih di ruang ganti. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Hanya Saling Umpan

Aksi protes fans Bayern Munchen pada laga tandang ke Hoffenheim. (c) AP Photo

Pemain Bayern dan Hoffenheim kembali memasuki lapangan setelah 20 menit, dengan spanduk yang sudah diturunkan. Uniknya, setiap pemain yang di lapangan hanya mengalirkan bola dari kaki ke kaki, saling mengumpan.

Kiper kedua tim bahkan tidak menjaga gawang, mereka ikut bermain di tengah lapangan. Saling umpan ini dimulai dari menit ke-77 sampai wasit meniup peluit panjang.

Lalu, setelah wasit menutup pertandingan, Dietmar Hopp justru mendapatkan aplaus berdiri dari para pemain. Hopp memasuki lapangan dengan ditemani bos Bayern, Karl-Heinz Rummenigge.

2 dari 3 halaman

Mengapa Diprotes?

Serangan fans Bayern terhadap Hopp ternyata didorong oleh alasan kuat. Hopp merupakan salah satu sosok penting dalam sepak bola Jerman.

Dialah yang membiayai Hoffenheim sampai sekuat sekarang, mulai dari divisi kelima sampai naik ke Bundesliga. Kasus ini dinilai mirip dengan Chelsea atau Manchester City.

Bundesliga tidak seperti Premier League. Ada aturan 50+1 tentang kepemilikan klub, yang mengatakan bahwa mayoritas saham klub harus dimiliki oleh gabungan fans.

Hopp adalah pengecualian pertama. Dia adalah pemilik pribadi pertama tim di Bundesliga.

3 dari 3 halaman

25 Tahun untuk Hoffenheim

Bos Hoffenheim, Dietmar Hopp (tengah) bersama petinggi Bayern Munchen, Oliver Kahn (kanan). (c) AP Photo

Betapa tidak, Hopp telah membiayai Hoffenheim selama lebih dari 25 tahun. Dia menghabiskan sekitar 350 juta euro untuk membangun klub, menuntun mereka dari divisi terbawah sampai ke Bundesliga.

Hopp juga tidak melanggar peraturan apa pun. Dia memanfaatkan peraturan terbaru Bundesliga yang membiarkan investor pribadi dengan lebih dari 20 tahun dukungan finansial terhadap klub tanpa terputus untuk memiliki saham mayoritas (50+1).

Memang seharusnya saham mayoritas tidak boleh dimiliki oleh satu pihak, tapi investasi Hopp terhadap Hoffenheim patut mendapatkan pengecualian -- yang ternyata tidak bisa diterima fans klub-klub lainnya.

Sumber: Bundesliga, BBC

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR