Kalah di Derby Lembah Ruhr, Peluang Juara Dortmund Menipis

Asad Arifin | 27 April 2019 23:06
Marco Reus usai mendapatkan kartu merah di laga melawan Schalke (c) AP Photo

Bola.net - - Pekan ke-31 Bundesliga musim 2018/19 jadi momen yang buruk bagi Borussia Dortmund. Sebab, selain kalah pada laga Derby Lembah Ruhr, Dortmund juga terancam kehilangan peluang juara Bundesliga.

Dortmund berjumpa Schalke pada Sabtu (27/4/2019) di Signal Induna Park. Bermain di kandang, pasukan Lucien Favre tentu saja lebih diunggulkan. Apalagi, performa Schalke juga tidak cukup bagus dalam beberapa laga terakhirnya.

Namun, derby selalu menyajikan cerita yang berbeda. Schalke rupanya justru mampu membuat kejutan. Meskipun sempat tertinggal dari gol Mario Gotze pada menit ke-12, Schalke membuat skor jadi 1-2 pada akhir babak pertama.

The Royal Blues membalas dua gol lewat aksi Deniel Caligiuri dan Salif Sane.

Daniel Caligiuri kembali mencetak gol pada menit ke-62 dan membuat skor jadi 1-3. Dua menit sebelum gol ini, pihak Dortmund mendapatkan kabar buruk. Sebab, Marco Reus mendapatkan kartu merah langsung.

Situasi makin sulit bagi Dortmund, pada menit ke-65. Bukan hanya bermain dengan sepuluh pemain, dalam waktu tersisa, mereka harus bermain dengan sembilan orang di lapangan. Marius Wolf menerima kartu merah langsung.

Schalke akhirnya mampu menambah satu gol lagi pada menit ke-86 lewat aksi Brel Embolo. Tim arahan Huub Stevens pun menutup laga Derby Lembah Ruhr dengan kemenangan 2-4. Dortmund menambah satu gol pada menit ke-84 dari Axel Witsel.

1 dari 1 halaman

Peluang Juara Dortmund Sirna?

Kekalahan atas Schalke menyisakan banyak cerita untuk Dortmund. Kalah di laga derby tentu saja menyakitkan, apalagi jika terjadi di kandang sendiri. Selain itu, dua kartu merah dalam satu laga juga akan jadi catatan penting.

Yang lebih tragis, kini peluang Dortmund untuk mengejar juara Bundesliga akan semakin sulit. Sebab, tidak banyak pertandingan tersisa. Sementara, Bayern Munchen yang ada di puncak klasemen sedang berada dalam performa yang apik.

Pasca kalah dari Schalke, raihan poin bertahan pada angka 69 hasil 31 kali bermain. Dortmund tertinggal satu poin dari Bayern Munchen yang baru memainkan 30 laga. Tentu saja ini bukan situasi yang menguntungkan bagi Dortmund.

Pada pekan ke-31, Bayern akan bermain di kandang Nurnberg. Sang lawan kini sedang berjuang untuk lolos dari zona degradasi. Jadi, Dortmund harus berharap banyak pada Nurnberg untuk bisa menjegal Bayern demi terjaganya asa menjadi juara Bundesliga.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR