Kim Kurniawan Bicara Kesamaan Sepak Bola Jerman dan Indonesia

Serafin Unus Pasi | 22 Oktober 2019 09:45
Suporter melakukan foto bersama dengan pemain Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, usai mengalahkan Persija Jakarta, Minggu (23/9/2018). Persib menang 3-2 atas Persija. (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan mengungkapkan ada banyak kesamaan antara sepak bola Indonesia dengan sepak bola Jerman. Soal antusiasme dan gairah suporter salah satunya.

Berbicara baru-baru ini sebagai influencer Bundesliga di Indonesia, Kim Kurniawan mengatakan atmosfer sepak bola Indonesia dengan Jerman sangat mirip.

"Jerman tergila-gila dengan sepak bola, begitu juga Indonesia. Kami hidup dan bernafas dalam sepak bola," terangnya.

"Seperti di Jerman, kami memiliki penggemar yang bersemangat, permainan dengan skor besar, selebrasi-selebrasi unik, gol-gol spektakuler dan juga hubungan spesial antara fans dan pemain," tambahnya.

Sepak bola Jerman dan sepak bola Indonesia memang bukan hal yang asing bagi seorang Kim Kurniawan. Lahir di Jerman, tepatnya di Mühlacker pada 23 Maret 1990, Kim kecil berlatih dan membela klub Karlsruher SC hingga berusia 12 tahun sebelum bergabung dengan FC 07 Heidelsheim.

FC 07 Heidelsheim sempat tertarik untuk memperpanjang kontraknya, namun Kim Kurniawan memutuskan untuk menolaknya karena tertarik dengan tawaran PSSI bermain di Indonesia, negara asal kakeknya, Kwee Hong Sing, yang merupakan mantan pemain Persija Jakarta dan juga andalan timnas Indonesia di era 1950an.

Pada 2010, Kim Kurniawan memutuskan untuk menjadi warga negara Indonesia. Status itu membuatnya mendapatkan kesempatan berkarir di Indonesia. Persema Malang menjadi klub profesional pertamanya, sebelum pindah ke Pelita Bandung Raya hingga kini bermain untuk Persib Bandung sejak 2016 lalu.

Selain sukses bersama klub, adik ipar dari Irfan Bachdim tersebut juga mendapatkan kesempatan memperkuat timnas Indonesia. Panggilan pertamanya memperkuat timnas Indonesia datang pada 2011 dari timnas U-23 sebelum akhirnya melakoni debut di timnas Indonesia senior pada 2015 silam.

Oiya Bolaneters, jangan lupa datang dan ikuti agenda Bundesliga Fan Festival yang digelar pada tanggal 16 November 2019 di Plaza Timur komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Di sana kalian bisa mengikuti berbagai kegiatan yang asyik dan juga berkesempatan bertemu dengan salah satu legenda sepak bola Jerman. Penasaran siapa legenda Jerman yang akan datang? Kuy dateng di tanggal 16 November nanti ya!

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR