Klub-klub Besar Bundesliga Patungan Demi Selamatkan Klub yang Lebih Kecil

Dimas Ardi Prasetya | 26 Maret 2020 23:29
Derbystar Matchball 19/20 (c) DFL

Bola.net - Empat tim besar di Bundesliga yakni Bayern Munchen, Borussia Dortmund, RB Leipzig dan Bayer Leverkusen mengumpulkan uang senilai 20 juta euro yang akan disalurkan ke klub-klub kecil di Jerman agar mereka tetap bisa selamat di tengah pandemi virus Corona.

Kompetisi Bundesliga sudah dihentikan untuk sementara waktu sejak 13 Maret lalu. Sampai saat ini belum bisa dipastikan kapan kompetisi akan bisa digelar lagi meski ada pengumuman bahwa penghentian akan dilakukan sampai 30 April.

Situasi ini tidak berpengaruh pada klub kaya. Namun klub-klub kecil yang sangat terdampak.

Sebab mereka tak bisa mendapatkan pemasukan dari tiket. Mereka juga tidak mendapat duit dari hak siar.

1 dari 2 halaman

Tanda Solidaritas

Situasi sulit yang dialami klub-klub kecil di Bundesliga dan Bundesliga 2 ini akhirnya membuat empat klub tersebut bergerak. Mereka menyebut aksi ini merupakan aksi solidaritas.

“Bersama dengan tiga peserta Liga Champions lainnya, kami ingin mengirimkan sinyal solidaritas kepada semua klub di Bundesliga dan 2.Bundesliga dengan inisiatif ini," ucap CEO Bayern Munchen, Karl Heinz Rummenigge, seperti dilansir Goal International.

"Di masa-masa sulit ini, penting bahwa bahu yang lebih kuat mendukung bahu yang lebih lemah. Dengan ini, kami juga ingin menunjukkan bahwa sepak bola berdiri bersama sekarang," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Relakan Gaji

Pandemi virus corona ini membuat sejumlah klub membuat kebijakan yang tidak populer. Ada yang harus memotong gaji pemain dan staf, dan ada pula klub yang menunda pembayaran pemainnya.

Ada juga yang harus merelakan gajinya. Contohnya klub Bundesliga, Union Berlin, yang mengatakan tim utama mereka dan staf ruang belakang juga akan melepaskan gaji mereka di tengah wabah corona ini.

"Ini adalah keadaan luar biasa yang harus kita tangani," kata presiden Uni Dirk Zingler. "Tujuan klub kami adalah sepak bola. Jika tidak ada lagi, maka itu akan menyentuh inti dari keberadaan kami."

"Manajemen, staf kami, skuat dan staf ruang belakang telah bekerja keras dalam beberapa bulan terakhir untuk memastikan keberhasilan di Bundesliga. Sekarang mereka memberikan banyak uang untuk melewati krisis ini bersama-sama."

(goal international)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR