Perempat Final DFB Pokal: Duel Antarlini Monchengladbach vs Dortmund

Asad Arifin | 2 Maret 2021 15:53
Erling Haaland merayakan gol ke gawang Borussia Monchengladbach di pekan pertama Bundesliga 2020/2021 bersama Jadon Sancho (c) Dortmund

Bola.net - Borussia Monchengladbach akan menjamu Borussia Dortmund dalam lanjutan perempat final DFB Pokal 2020/21. Laga ini akan digelar di Stadion Borussia-Park, Rabu (3/3/2021) pukul 02.45 dini hari WIB.

Die Borussen datang ke markas Monchengladbach dengan modal kepercayaan diri. Dalam tiga laga terakhir, Dortmund menang 3-2 melawan Sevilla pada leg pertama babak 16 Besar Liga Champions, menang 4-0 atas Schalke, dan menghajar Bielefeld 3-0 di Bundesliga.

Sementara itu, Monchengladbach tengah berada dalam kondisi yang tidak bagus pada tiga laga terakhirnya. Die Fohlen mengalami kekalahan tiga kali secara beruntun.

Monchengladbach harus bekerja lebih keras, mengingat Borussia Dortmund mempunyai sejumlah pemain top. Namun, Die Fohlen juga memiliki sejumlah pemain berbakat yang bisa menjadi pembeda melawan Die Borussen.

Lantas seperti apa duel antarlini yang akan terjadi pada dini hari nanti? Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Kiper

Untuk posisi kiper, kedua tim akan menurunkan penjaga gawang terbaik mereka. Dari kubu tuan rumah, Yann Sommer akan kembali menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Die Fohlen.

Performa kiper berusia 32 tahun itu tidak terlalu baik musim ini. Ia hanya mampu clean sheet sebanyak empat kali dan sudah kebobolan 35 gol dari 22 penampilannya di Bundesliga 2020/21.

Sementara itu, Dortmund akan mengandalkan kiper cadangan mereka yakni Marwin Hitz setelah kiper utama mereka sempat mengalami cedera. Hitz akan menggantikan posisi Roman Burki pada laga nanti.

Catatan statistik Hitz cukup baik musim ini, dari tiga laga terakhirnya ia hanya kebobolan satu kali saja.

2 dari 5 halaman

Bek

Monchengladbach akan memakai sistem empat bek. Mereka bakal memainkan Oscar Wendt, Ramy Bensebaini, Valentino Lazaro dan Matthias Ginter di posisi lini belakang. Keempat pemain tersebut akan menjadi tembok pertahanan yang kokoh bagi Die Fohlen.

Sementara di kubu Borussia Dortmund, mereka akan memakai sistem empat bek meski harus kehilangan salah satu pilarnya di laga ini. Die Borussen tidak bisa menurunkan Manuel Akanji akibat mengalami cedera.

Mats Hummels bakal berduet dengan Emre Can di jantung pertahanan. Setelah di tiga laga terakhirnya menang secara beruntun, pelatih Edin Terzic tetap akan mengandalkan kedua pemain tersebut di lini belakang.

3 dari 5 halaman

Tengah

Pertarungan yang sengit bakal terjadi di lini tengah. Borussia Monchengladbach akan memainkan tiga gelandang mereka Denis Zakaria, Florian Neuhaus, dan Lars Stindl.

Die Fohlen juga akan mengandalkan kedua penyerang sayap mereka dalam menjaga pertahanan lini belakang serta membantu lini serang menyisir sisi lapangan. Mereka adalah Marcus Thuram dan Patrick Herrmann.

Sedangkan Dortmund, bakal menurunkan tiga gelandang terbaik mereka. Mahmoud Dahoud yang sedag onfire bakal jadi andalan di posisi gelandang bertahan. Lalu, Marco Reus dan Jude Bellingham sebagai gelandang serang.

4 dari 5 halaman

Depan

Marco Rose kemungkinan besar akan mempercayakan peran penyerang tunggal asal Swiss yakni Breel Embolo. Musim ini, ia telah mencatatkan tiga gol dengan lima asis dari 20 laga pertandingannya di Bundesliga.

Sementara itu, Edin Terzic memainkan dua penyerang sayap yang cerdik untuk lini depan Dortmund. Giovanni Reyna akan bermain di posisi penyerang sayap kanan dan Jadon Sancho di posisi penyerang sayap kiri.

Sementara ujung tombak akan dipercayakan kepada Erling Haaland. Musim ini, ia telah mengoleksi 27 gol dengan delapan asis dari 26 laga pertandingan di semua kompetisi. Hal ini, membuat sang pemain menjadi striker paling diwaspadai bagi bek-bek Borussia Monchengladbach.

5 dari 5 halaman

Perkiraan susunan pemain

Borussia Monchengladbach: Sommer; Lazaro, Ginter, Bensebaini, Wendt; Zakaria, Neuhaus; Herrmann, Stindl (c), Thuram; Embolo

Absen: Jantschke, Lainer

Pelatih: Marco Rose

Borussia Dortmund: Hitz; Morey, Can, Hummels, Guerreiro; Bellingham, Dahoud; Sancho, Reus (c), Reyna; Haaland

Absen: Akanji, Schmelzer, Witsel

Pelatih: Edin Terzic

(Bola.net/Muhammad Ibnu Prasetyo)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR