Rekrutan Baru Terbaik di Putaran Pertama Bundesliga 2019-20

Dimas Ardi Prasetya | 28 Desember 2019 06:00
Thorgan Hazard (c) DFL

Bola.net - Bundesliga mengakhiri paruh musim dengan angka-angka yang luar biasa, dan beberapa di antaranya dibuat oleh pemain-pemain baru yang ada di berbagai klub. Siapa saja pemain terbaik di 2019/20 sejauh ini?

Tujuh belas matchday setelah Bundesliga musim 2019/20 resmi dihelat, mulai terlihat mana pemain yang menunjukkan performa sesuai dengan ekspektasi dan mana yang tidak. Begitu pula dengan rekrutan-rekrutan baru.

Ada yang memuaskan hati sang pemilik klub, ada juga yang menyisakan rasa sesal setelah mengontak agen pemain terkait di hari pertama. Tak sedikit dari para pemain baru ini memberikan suntikan tenaga baru yang melambungkan kiprah klub selama paruh musim ini.

Berikut nama-nama pemain baru yang memiliki pengaruh besar bagi klubnya di Hinrunde alias di paruh pertama kompetisi Bundesliga 2019/20!

1 dari 4 halaman

Tuah dari Seteru

Borussia Dortmund bergerak cepat dengan urusan transfer mereka; menggunakan uang tunai dari penjualan Christian Pulisic ke Chelsea senilai 58 juta pounds untuk memperkuat pasukannya dari lini depan jauh hingga ke belakang.

Kurang dari seminggu setelah kampanye musim 2018/19 berakhir, Thorgan Hazard tiba di Signal Iduna Park dengan kontrak lima tahun dari sang klub rival, Borussia Monchengladbach. Gelandang serang asal Belgia ini mencatatkan angka ganda baik untuk gol dan assist di divisi utama musim lalu bersama Die Fohlen.

Melalui suntikan kreativitas yang ditunjukkan dengan raihan empat gol dan tujuh assist dari 16 penampilan, ia telah menunjukkan ke Der BVB betapa pentingnya peran pemain kelahiran 26 tahun lalu itu bagi mereka pada musim ini.

Di lini belakang, Kembalinya Mats Hummels yang berpengalaman menjadi pengisi kepingan yang hilang dalam puzzle tim besutan Lucien Favre. Bek yang menjulang setinggi 191 sentimeter tersebut kembali ke Signal Iduna Park dengan biaya 31 juta euro dan mengantongi banyak pengalaman memenangkan gelar; membuat keputusan Bayern untuk menjualnya kepada rival mereka berpotensi menjadi bumerang, dan benar adanya - dengan 2 gol dan 1233 menit waktu penampilan dari 15 kali merumput di lapangan membuatnya jadi rekrutan vital bagi Dortmund sejauh ini.

2 dari 4 halaman

Meminjam Manfaat Maksimal

Bayern München mengeluarkan lebih dari 100 juta euro untuk memperbaiki lini belakangnya. Namun manfaat terbaik datang dari dua pemain pinjaman, Ivan Perisic dan Philippe Coutinho.

Dipinjam dari FC Barcelona, nama terakhir berhasil memikat hati penggemar -atau bahkan rival- dengan catatan yang memukau, enam gol dan lima assist dalam 15 penampilan. Puncak penampilan The Little Magician datang pada pekan ke-15 saat ia berhasil mencetak hat-trick pertama bagi Bayern sekaligus menyumbang dua assist dalam kemenangan besar 6-1 lawan SV Werder Bremen.

Sedangkan Perisic dipinjam dari Inter Milan untuk menjadi pengganti efektif Franck Ribery di posisi winger kiri Bayern. Dengan raihan tiga gol dan tiga assist dari 12 penampilannya, ia pantas masuk ke daftar rekrutan terbaik Bayern pada hinrunde kali ini.

3 dari 4 halaman

Memakai Sepatu Legendaris

Kiasan yang tepat untuk menggambarkan situasi yang sedang dijalani bek kanan FC Schalke 04, Jonjoe Kenny. Pemain Inggris yang dipinjam dari Everton FC mengemban tugas agung yaitu menggantikan bek kanan veteran nan legendaris, Sascha Riether, yang memutuskan untuk gantung sepatu setelah empat musim membela Si Biru Royal.

Namun Kenny tak gentar, ia berhasil membuktikan dirinya bisa diandalkan. Ia memainkan hampir setiap menit di hinrunde 2019/20 dengan catatan satu gol dan dua assist.

Situasi serupa terjadi pada Benito Raman. Didatangkan dari Fortuna Düsseldorf untuk menggantikan posisi Yevhen Konoplianka, Raman justru baru mulai menunjukkan tajinya ketika diplot sebagai penyerang tengah mulai pada pekan ke-11. Raihan empat gol dan tiga assist-nya ia capai hanya dalam tujuh pertandingan terakhir saja.

4 dari 4 halaman

Bintang Baru

Tiga pemain lain yang patut disebut sebagai rekrutan terbaik musim ini adalah Christopher Nkunku, Marcus Thuram dan Florian Niederlechner. Nkunku menjadi wajah revolusi RB Leipzig di bawah asuhan Julian Nagelsmann. Mr. Effective menjadi julukannya karena kontribusi golnya yang mencapai 25% meski hanya memainkan 56% dari total menit yang bisa ia mainkan dan hanya menjadi starter di tak lebih dari 47% kesempatan.

Thuram jadi ujung tombak baru andalan Gladbach dengan total 10 gol di seluruh kompetisi. Ia berperan besar bagi kiprah apik Die Fohlen yang menjadi runner-up di hinrunde 2019/20 ini.

Sementara penyerang anyar FC Augsburg, Niederlechner, memanggul klub asuhan Martin Schmidt itu di pundaknya. Delapan gol dan delapan assist membuktikan pengaruhnya yang sangat besar bagi perjalanan FC Augsburg musim ini. Didatangkan dari SC Freiburg dengan nilai transfer hanya dua setengah juta euro menguatkan status Niederlechner sebagai rekrutan terbaik Bundesliga sejauh ini.

(Bundesliga)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR