Setelah 2 Gol dan 1 Asisst, Coutinho Bisa Bikin Barcelona Bayar Rp88 M ke Liverpool

Asad Arifin | 16 Agustus 2020 00:23
Philippe Coutinho setelah mencetak gol ke gawang Barcelona. (c) AP Photo

Bola.net - Philippe Coutinho benar-benar bisa menjadi tokoh protagonis bagi Barcelona musim ini. Setelah ikut andil membantai Barcelona, pemain asal Brasil juga bisa membuat klub mengeluarkan uang Rp88 miliar.

Barcelona baru saja mengalami momen memalukan dalam sejarah panjang klub. Barcelona kalah dengan skor 8-2 atas Bayern Munchen di laga perempat final Liga Champions musim 2019/2020 (15/8/2020).

Bagi klub asal Catalan, kekalahan pada laga di Estadio da Luz itu menjadi catatan buruk. Sebab, kali terakhir mereka kalah dan kebobolan delapan gol terjadi pada 1946 tahun lalu. Kalah 8-0 dari Sevilla.

Kekalahan dari Bayern juga membuat Barcelona gagal total pada musim 2019/2020. Dari empat kompetisi mayor yang diikuti, tidak ada satu pun gelar yang didapatkan Lionel Messi dan kawan-kawan.

1 dari 2 halaman

Pukulan Pertama Philippe Coutinho untuk Barcelona

Mari mengingat kembali momen pada Januari 2018. Saat itu, Barcelona mengeluarkan uang hingga 130 juta pounds untuk membeli Philippe Coutinho dari Liverpool. Uang itu termasuk bonus dan beberapa klausul lainnya.

Namun, harga mahal tidak menjamin Coutinho sukses. Satu setengah tahun setelah dibeli, Coutinho justru dilepas. Awal musim 2019/2020, dia dipinjamkan ke Bayern Munchen dan Barcelona tetap membayar sebagian gajinya.

Nah, ketika Barcelona kalah telak dari Bayern Munchen, Coutinho punya andil besar. Masuk pada menit ke-75, pemain 28 tahun terlibat dalam proses terciptanya tiga gol ke gawang Barcelona.

Pada menit ke-82, dia memberikan assist untuk Robert Lewandowski. Lalu, Coutinho mencetak gol pada menit 85. Empat menit kemudian, Coutinho kembali mencetak gol. Dia memukul Barcelona dengan dua gol dan satu assist.

2 dari 2 halaman

Persiapan Pukukan Kedua Coutinho

Philippe Coutinho bakal memberi pukukan kedua untuk Barcelona. Kali ini bukan di atas lapangan, tetapi dari sisi finansial. Situasi ini akan terjadi andai Bayern Munchen menjadi juara Liga Champions.

Dikutip dari The Mirror, dalam salah satu klausul transfer Coutinho, ada kewajiban bagi Barcelona untuk membayar 5 juta euro [Rp88 miliar] kepada Liverpool andai Coutinho juara Liga Champions. Tidak disebut secara spesifik dengan klub mana Coutinho juara Liga Champions, tetapi selama berada di bawah kontrak dengan Barcelona.

Status Coutinho kini adalah pemain Barcelona, yang dipinjamkan ke Bayern Munchen. Artinya, jika pemain mantan pemain Inter Milan itu juara Liga Champions, maka Barcelona harus membayar 5 juta euro ke Liverpool.

Sumber: The Mirror

Ingin tahu jadwal dan highlight pertandingan Liga Europa/Liga Champions lainnya? Klik di sini.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR