Termasuk Xavi, Ini Lima Pemain yang Gagal Join Bayern Munchen

Serafin Unus Pasi | 22 November 2021 18:37
Xavi ketika masih bermain untuk Barcelona (c) AP Photo

Bola.net - Bayern Munchen merupakan klub dengan reputasi mentereng di Bundesliga. Bahkan, saking dominannya mereka, klub berjuluk Die Roten ini kerap disebut sebagai panitia liga.

Prestasi Bayern di kancah Bundesliga sendiri tak main-main. Mereka sudah 31 kali menjuarai kompetisi kasta tertinggi di Jerman. Catatan ini merupakan yang terbanyak dalam sejarah kompetisi kasta tertinggi negara tersebut.

Di Benua Eropa pun, Bayern merupakan salah satu klub dengan prestasi ciamik. Mereka sempat enam kali memenangi Liga Champions Eropa.

Dengan reputasi ini, tentu tak sulit bagi Bayern untuk mendapat pemain yang mereka incar.

Namun, tak selamanya hal ini berlaku. Ada juga sejumlah pemain yang akhirnya gagal bergabung dengan klub tersebut kendati sudah hampir berkostum Die Roten.

Siapa saja para pemain yang gagal bergabung dengan Bayern Munchen tersebut? Berikut lima orang di antara mereka.

1 dari 5 halaman

Xavi Hernandez

Xavi. (c) AFP

Pemain pertama yang sempat hampir bergabung dengan Bayern Munchen, kendati akhirnya urung, adalah Xavi Hernandez. Pemain asal Spanyol ini nyaris bergabung dengan Bayern pada 2008 silam.

Waktu itu, Bayern Munchen sudah sempat mengajukan penawaran kepada Barcelona. Namun, entah apa yang terjadi, Barcelona memilih untuk mempertahankan Xavi, yang akhirnya terbukti sebagai keputusan tepat.

"Setelah Euro 2008, saya merasa Barcelona telah bersiap untuk menyerah. Real Madrid yang akan menjadi juara, bukan kami. Saya tahu bahwa klub ini bersiap untuk menjual saya, jika ada tawaran yang bagus. Saya sudah berbicara dengan agen saya, Ivan Corretja dan ia mengatakan kepada saya bahwa ada tawaran dari Bavaria. Karl-Heinz Rummenigge menginginkan saya," kata Xavi, seperti dilansir dari Marca.

2 dari 5 halaman

Neymar

Penyerang timnas Brasil, Neymar (c) AP Photo

Neymar menjadi pemain kedua yang sempat hampir bergabung dengan Bayern Munchen, kendati akhirnya urung. Pemain asal Brasil ini sempat nyaris bergabung dengan Bayern Munchen pada 2013 lalu.

Waktu itu, Neymar masuk dalam daftar incaran Pelatih Bayern, Pep Guardiola. Namun, rencana ini urung terjadi karena raksasa Jerman tersebut merasa ragu untuk membeli Neymar.

"Guardiola memiliki ide untuk membeli pemain muda Brasil. Namun, kami tak punya pengalaman bagus kala membeli pemain muda asal Brasil pada masa lalu," tutur Uli Hoeness kepada Communications Media AG.

3 dari 5 halaman

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada pekan ke-12 Serie A musim 2021/2022 (c) AP Photo

Pemain ketiga yang sempat hampir bergabung dengan Bayern Munchen, kendati akhirnya urung, adalah Zlatan Ibrahimovic. Pemain asal Swedia tersebut nyaris bergabung dengan Bayern Munchen pada 2001 silam.

Waktu itu, manajemen Bayern menunjukkan minat mereka memboyong Ibra. Namun, karena Ibra terlalu banyak mengajukan permintaan, kesepakatan antara dua pihak tersebut tak tercapai.

"Ia adalah pemain hebat. Namun, permintaannya sudah seperti dewa. Memang kami sempat tertarik padanya. Namun, pembicaraan kami tak berlangsung lama," kata Hoeness, seperti dilansir dari RTL.

4 dari 5 halaman

Marco Reus

Pemain Borussia Dortmund, Marco Reus (c) AP Photo

Marco Reus menjadi pemain keempat yang sempat hampir bergabung dengan Bayern Munchen, kendati akhirnya urung. Pemain asal Jerman ini disebut sempat nyaris bergabung dengan Muenchen pada 2012 lalu.

Waktu itu, Die Roten hendak meminang Reus dari Borussia Monchengladbach. Namun, Reus -yang waktu itu berusia 23 tahun- memutukan untuk merapat ke rival Munchen, Borussia Dortmund.

"Ada permintaan datang dari Bayern, juga dari sejumlah klub lain. Saya sangat hormat terhadap Bayern Munchen dan apa yang telah mereka lakukan selama beberapa dekade belakangan ini. Namun, saya selalu ingin bermain bagi Borussia Dortmund. Ini adalah klub yang selalu ada di hati saya," tandas Reus kepada Sport Bild.

5 dari 5 halaman

Ruud Gullit

Ruud Gullit (c) AFP

Pemain kelima yang sempat hampir bergabung dengan Bayern Munchen, kendati akhirnya urung adalah Ruud Gullit. Pemain asal Belanda ini sempat dipinang Bayern Munchen pada 1988 silam.

Waktu itu, Munchen bertekad memboyong Gullit dari AC Milan. Namun, rivalitas antara Belanda dan Jerman membuat rencana tersebut batal jadi kenyataan.

"Merupakan kehormatan bagi saya jika dipinang oleh Hoeness. Namun, pada akhirnya, saya tidak bisa membayangkan hidup di Munchen. Sebagai seorang Belanda di Bundesliga, ini merupakan situasi sulit pada masa itu.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR