Thiago Alcantara: Saya Musuh VAR!

Asad Arifin | 19 Juli 2019 08:27
Thiago Alcantara usai kalahkan Dortmund. (c) AP Photo

Bola.net - Penggunaan teknologi video assistent referee [VAR] sampai saat ini masih menuai pro dan kontra. Banyak yang mendukung. Tapi, tidak sedikit juga yang menolak. Salah satunya adalah Thiago Alcantara.

Gelandang Bayern Munchen tersebut mengaku sebagai pihak yang tidak sepakat dengan VAR. Dia lebih suka dengan sepak bola yang klasik, yang menyajikan banyak trik dan drama di atas lapangan.

"Saya adalah musuh VAR," ucap Thiago Alcantara pada Marca.

"Saya mendukung sepak bola romantic dan saya menyukai kenakalan dalam permainan. Tanpa itu, kami tidak akan memiliki momen penting dalam sejarah sepak bola," tandas pemain berusia 28 tahun.

Kerja VAR secara umum adalah untuk membantu wasit tengah dalam mengambil keputusan yang luput dari pandangan. Tidak semua momen bisa ditinjau dengan VAR. Momen-momen itu biasanya yang menentukan seperti gol, penalti atau pelanggaran keras.

"Teknologi ini memang membawa sebuah keadilan tetapi akan menghilangkan esensi dari permainan," sebut mantan pemain Barcelona tersebut.

1 dari 1 halaman

Selebrasi Gol yang Semu

Beberapa keputusan yang sering diambil dengan VAR adalah untuk menentukan sebuah gol sah atau tidak. Seorang pemain berada dalam posisi offside atau onside ketika proses mencetak gol. Apakah terjadi pelanggaran atau tidak.

Bagi Thiago Alcantara, terkadang hal seperti itu membuat perayaan gol menjadi semu. Pemain kehilangan gairah ketika perayaan gol mereka harus tertunda beberapa saat karena menunggu keputusan dari VAR.

"Ketika Anda sedang melakukan selebrasi gol, Anda akan melakukan itu dengan perasaan ragu. Anda akan melihat ke arah wasit untuk mengetahui itu gol atau tidak. Dia kemudian akan memegang telinganya," paparnya Thiago Alcantara.

Meskipun begitu, banyak juga yang mendukung VAR di sepak bola. Sebab, bantuan teknologi dinilai membuat sepak bola menjadi adil dan mengurangi unsur-unsur curang.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR