Tidak Bersinar di Klub, 3 Pemain Harusnya Tidak Masuk Timnas Jerman

Asad Arifin | 18 November 2020 15:43
Ekspresi kekecewaan skuad Jerman usai dihajar Spanyol dengan skor telak 6-0, UEFA Nations League 2020. (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Jerman baru saja mengalami kekalahan memalukan dari Spanyol dengan skor mencolok 6-0 di lanjutan Grup A4 UEFA Nations League 2020. Jerman di laga tersebut kalah dari segi apa pun, dalam penguasaan bola Jerman hanya memiliki 31%, sedangkan shots hanya dua kali berbanding 23 milik Spanyol.

Pergantian beberapa pemain yang dilakukan oleh Joachim Loew sama sekali tidak berdampak dengan alur pertandingan. Salah satu pergantian yang disorot adalah Jonathan Tah yang masuk menggantikan Niklas Sule.

Pemain belakang milik Bayer Leverkusen tersebut tidak mampu membendung serangan Spanyol dan malah menerima kartu kuning. Catatannya pun tidaklah bagus dengan empat kali kehilangan penguasaan bola dan satu kali melakukan kesalahan.

Melihat hal tersebut dalam komposisi skuad timnas Jerman di UEFA Nations League, sepertinya Joachim Loew telah memanggil nama-nama yang mubazir. Alih-alih memiliki kedalaman skuad yang bisa mengatasi masalah jika satu di antaranya gagal, Loew malah membawa beberapa nama yang kurang bisa memberikan pengaruh lebih.

Pertimbangan performa dalam klub juga banyak diabaikan Joachim Loew, sehingga ada beberapa nama yang dirasa kurang pantas berkostum timnas dengan berkaca pada performa di klubnya. Setidaknya ada tiga pemain yang harusnya tidak dilibatkan, siapa saja? Berikut namanya.

1 dari 3 halaman

Mahmoud Dahoud

Gelandang berusia 24 tahun Mahmoud Dahoud belum menampilkan performa terbaiknya lagi sejak berkostum Borussia Dortmund. Dahoud bahkan musim lalu hanya starter sebanyak enam kali di Bundesliga dari 12 kesempatannya dan hanya memberikan satu assists.

Hal yang berlanjut di musim ini, Dahoud baru turun di tiga laga Bundesliga dengan dua kali menjadi starter. Minimnya kesempatan yang didapatkannya di Dortmund tentu menjadi gambaran bahwa Dahoud belum siap untuk turun bersama timnas Jerman.

Selama pagelaran UEFA Nations League juga, Joachim Loew belum pernah memberikan kesempatan kepada Mahmoud Dahoud. Sehingga terlihat jelas bahwa timnas Jerman tidak membutuhkan tenaga dari gelandang kelahiran Amude ini.

2 dari 3 halaman

Jonathan Tah

Bek setinggi 1,94 meter, Jonathan Tah menjadi pergantian yang tidak berdampak di laga melawan Spanyol. Setelah Jonathan Tah bermain, timnas Jerman tetap dibobol tiga kali di babak kedua.

Mengingat performanya musim ini, Jonathan Tah menjadi pemain yang jarang mendapatkan menit bermain di klub namun mampu masuk ke timnas Jerman. Hal yang tentunya berdampak kepada performanya yang menjadi biasa saja di timnas.

Bersama Bayer Leverkusen, Jonathan Tah lebih banyak duduk di bench musim ini dan baru tampil di dua laga Bundesliga sebagai pemain pengganti. Sehingga sangat sulit untuk mempercayakan pertahanan kepada pemain yang di klub pun lebih banyak duduk di bench.

3 dari 3 halaman

Antonio Rudiger

Antonio Rudiger menjadi pemain selanjutnya yang sebaiknya tidak dulu dipanggil ke timnas Jerman. Rudiger musim ini bahkan kesulitan mendapatkan jam bermain di Chelsea, bahkan sama sekali belum turun di Premier League.

Sedari musim lalu pun Rudiger juga tampil inkonsisten dan tidak terlalu baik menjaga pertahanan sehingga Chelsea begitu rapuh musim lalu di lini belakang. Mengemban tugas sebagai starter di timnas Jerman tentu akan sulit jika dirinya tidak terbiasa main di klub.

Terbukti dengan keberadaannya tidak menambah kekuatan lini belakang Jerman. Sehingga Jerman pun sama sekali tidak pernah menyelesaikan laga dengan raihan clean sheets.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR