FOLLOW US:


3 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Liga Champions Musim Ini: Jadi Turnamen Mini?

18-03-2020 15:00

 | Richard Andreas

3 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Liga Champions Musim Ini: Jadi Turnamen Mini?
Trofi Liga Champions. © AP Photo

Bola.net - UEFA belum banyak menyinggung soal Liga Champions dan Liga Europa pada pertemuan darurat, Selasa (17/3/2020) kemarin. Keputusan besar UEFA usai pertemuan tersebut adalah menunda Euro sampai satu tahun ke depan.

Pertemuan ini sangat penting di tengah pandemi virus corona. UEFA mengundang tiga pilar penting sepak bola Eropa dalam panggilan konferensi video untuk membahas langkah mereka di sisa musim ini.

Singkatnya, UEFA fokus mengatasi krisis yang ada di depan mata, belum benar-benar menjabarkan rencana untuk menghabiskan sisa musim ini dan konsekuensi penundaan Euro selama satu tahun.

Pertemuan ini pun belum menghasilkan langkah-langkah apa yang harus ditempuh untuk menyelesaikan sisa Liga Champions dan Liga Europa musim ini. Turnamen berhenti di pertengahan babak 16 besar, UEFA harus menjadwalkan ulang setiap pertandingan.

Liga Champions jelas tidak bisa diabaikan, tidak mungkin dibatalkan. Namun, UEFA harus menyesuaikan diri dengan jadwal liga domestik masing-masing negara.

Bagaimana nasib Liga Champions musim ini? Mengutip Goal internasional, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3

Kapan Liga Champions musim ini dilanjutkan?

Final Liga Champions 2019/20 ini diharapkan bisa dimainkan pada 27 Juni 2020, Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Turki. Namun, belum ada detail bagaimana mencapai partai tersebut.

Keputusan UEFA memundurkan ajang Euro 2021 bakal memberikan waktu satu bulan ekstra untuk kompetisi domestik klub-klub Eropa musim ini. Langkah ini pun penuh ketidakpastian.

Liga Champions dan Liga Europa bakal dimainkan sesuai dengan jadwal baru klub-klub Eropa. Intinya, UEFA siap mengalah dan mengatur jadwal supaya kompetisi domestik bisa berlangsung.

Saat ini UEFA meyakini klub-klub bisa kembali bertanding pada pertengahan April. Tentu ini perjudian besar, mengingat belum pasti pandemi virus corona sudah mereda pada saat itu.

2 dari 3

Bagaimana penentuan fase gugur liga champions musim ini?

Trofi Liga Champions. (c) AP Photo
Trofi Liga Champions. (c) AP Photo

Masih belum ada informasi jelas tentang bagaimana fase gugur Liga Champions musim ini diselesaikan. Yang jelas, UEFA hanya punya sedikit waktu untuk memainkan sejumlah pertandingan.

Duel leg kedua Bayern Munchen vs Chelsea, Manchester City vs Real Madrid, Juventus vs Lyon, dan Barcelona vs Napoli masih belum dimainkan.

Kabarnya, setelah semua duel 16 besar selesai, babak perempat final bisa jadi dimainkan hanya dalam satu leg, bukan laga kandang-tandang seperti bisanya.

Setelah itu, UEFA menimbang gagasan turnamen mini yang melibatkan empat tim terakhir. Tidak ada semifinal dan final, langsung turnamen mini empat tim dalam beberapa hari saja.

3 dari 3

Bagaimana dengan Liga Europa?

Liga Europa pun dihentikan di tengah-tengah babak 16 besar dan bisa jadi mengambil langkah yang sama dengan Liga Champions: turnamen mini empat besar hanya dalam beberapa hari.

Beberapa pertandingan 16 besar yang belum dimainkan sama sekali seperti Inter vs Getafe dan Sevilla vs AS Roma pun bisa jadi diubah jadi duel satu leg saja untuk memangkas waktu.

Final Liga Europa diharapkan bisa digelar pada 24 atau 25 Juni di Stadion Energa Gdansk, Polandia, beberapa hari sebelum final Liga Champions.

Sumber: Goal