FOLLOW US:


5 Fakta Menarik Jelang Duel Liverpool vs Real Madrid

14-04-2021 07:35

 | Ari Prayoga

5 Fakta Menarik Jelang Duel Liverpool vs Real Madrid
Duel Real Madrid vs Liverpool, perempat final Liga Champions 2020/21. © AP Photo

Bola.net - Misi berat dijalani Liverpool pada leg kedua babak perempat final Liga Champions 2020/2021 menghadapi Real Madrid, Kamis (15/4) dini hari WIB. Meski bermain di Anfield, bukan parkara mudah bagi The Reds untuk membalikkan keadaan.

Pada leg pertama yang berlangsung di Estadio Alfredo Di Stefano, Liverpool keok 1-3. Kekalahan yang menyakitkan karena tertinggal agregat dua gol membutuhkan usaha keras untuk memutar situasi.

Jika ingin lolos langsung dalam waktu normal, Liverpool harus menang 2-0, atau dengan selisih tiga gol. Memang berat, tetapi tidak ada yang mustahil.

Sementara Real Madrid hanya tinggal memaksakan hasil imbang untuk melaju ke babak semifinal. Kalaupun kalah 0-1, pasukan Zinedine Zidane Zinedine itu masih tetap lolos.

Jadi, Real Madrid memang ada di atas angin. Tapi tetap, Marcelo dan kawan-kawan tidak boleh terlena.

Lantas, apa saja fakta menarik yang perlu diketahui jelang leg kedua perempat final Liga Champions musim ini antara Liverpool versus Real Madrid? Berikut petikannya dari berbagai sumber yang dikumpulkan Bola.net.

1 dari 5

Banyak Pemain Absen

Banyak pemain yang harus absen pada pertandingan nanti. Baik karena cedera, maupun akumulasi kartu kuning.

Dari kubu Liverpool, ada tiga pemain yang mengalami cedera yaitu Jordan Henderson (pangkal paha), Virgil van Dijk (lutut), dan Joel Matip (engkel). Kemudian ada pula yang kondisinya meragukan yakni Kelleher, dan Divock Origi.

Sementara dari kubu Real Madrid, yang sudah pasti absen adalah Sergio Ramos karena cedera betis sekaligus positif COVID-19. Lalu Lucas Vazquez (cedera lutut), Raphael Varane (sakit), Eden Hazard (cedera otot), dan Dani Carvajal (cedera hamstring).

2 dari 5

Kunjungan Ketiga Real Madrid

Pertandingan nanti merupakan kunjungan ketiga Real Madrid ke Anfield, dalam kompetisi Eropa. Dua pertemuan sebelumnya di The Kop berlangsung pada 2009, dan 2014.

Away pertama Real Madrid ke Anfield terjadi pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2009/2010. Ketika itu, Los Blancos kalah telak 0-4 dari Liverpool.

Laga tandang berikutnya Los Galacticos ke Anfield terjadi saat fase grup Liga Champions 2014/2015. Kala itu, Real Madrid menang 3-0 atas The Reds.

3 dari 5

Kedudukan 3-1 yang Identik

Agregat 3-1 yang sementara ini dimiliki Real Madrid atas Liverpool sama dengan hasil akhir di final Liga Champions 2018/2019. Ketika itu, Los Galacticos menang lewat gol yang dicetak Karim Benzema, dan Gareth Bale (2 gol). Sementara satu-satunya gol The Reds diciptakan Sadio Mane.

Kedudukan 3-1 itu terulang lagi pada leg pertama babak perempat final Liga Champions musim ini. Pertandingan berlangsung di markas sementara Real Madrid, Estadio Alfredo Di Stefano, 11 April 2021.

Tiga gol kemenangan Real Madrid tercipta via Vinicius Junior (2 gol), dan Marco Asensio. Sementara gol tunggal Liverpool dilesahkan oleh Mohamed Salah.

4 dari 5

Pertemuan Pertama yang Unik

Pertemuan Liverpool dengan Real Madrid belum banyak. Sejarah mencatat, kedua kesebelasan baru tujuh kali bertemu di lapangan.

Uniknya, pertemuan pertama langsung tercatat di partai puncak Kejuaraan Klub Eropa yang sekarang menjadi Liga Champions. Momen itu terjadi pada 27 Mei 1981.

Final Kejuaraan Klub Eropa 1981 mempertemuan Real Madrid dengan Liverpool di Paris. Hasilnya, The Reds menang 1-0, lewat gol Alan Kennedy pada menit ke-81.

5 dari 5

Pemain yang Terancam Absen di Semifinal

Jika lolos ke fase berikutnya, Liverpool dan Real Madrid terancam ditinggal banyak pemain pilar. Itu karena satu kartu kuning yang sudah dikantungi, sehingga bila dapat lagi di leg kedua perempat final nanti otomatis mereka akan absen pada leg pertama babak semifinal.

Dari kubu Liverpool, pemain yang sudah mengantungi satu kartu kuning adalah Trent Alexander-Arnold, Jordan Henderson, Sadio Mane, James Milner, dan Giorginio Wijnaldum. Mereka selama ini selalu mengisi starting line-up The Reds.

Sementara di kubu Real Madrid ada dua pemain yang sudah mengantongi satu kartu kuning. Mereka adalah Ferland Mendy, dan Federico Valverde.

(Bola.net/Fitri Apriani)