FOLLOW US:


Ada Vieri dan Figo, Ini Para Pemain yang Sama Sekali Tak Pernah Main di Klub yang Merekrutnya

26-04-2020 14:15

 | Aga Deta

Ada Vieri dan Figo, Ini Para Pemain yang Sama Sekali Tak Pernah Main di Klub yang Merekrutnya
Christian Vieri © AFP

Bola.net - Di era sepak bola modern ini, kepindahan seorang pemain ke klub lain sangat wajar terjadi. Bahkan, bukan hal aneh jika seorang pemain membela beberapa klub berbeda dalam sepanjang kariernya

Loyalitas, kesetiaan bahkan bisa dibilang sesuatu yang "mahal" di antara pemain masa kini. Tak banyak pemain yang menghabiskan karier bersama satu klub atau yang dikenal dengan istilah one man one club.

Kebanyakan pemain menghabiskan lebih dari tiga klub sepanjang karier profesionalnya. Bahkan, ada yang cukup sering bergonta-ganti klub, contohnya saja Zlatan Ibrahimovic.

Penyebabnya tentu beragam. Ada yang beralasan pindah demi mencari tantangan baru, demi menaikkan karier, memenuhi impian masa kecil hingga tergiur nilai transfer. Tentu tak ada yang salah dengan hal itu.

Di masa kini, proses kepindahan seorang pemain menjadi ranah agen. Mereka yang akan mewakili sang pemain bernegosiasi dengan calon klub anyar, sehingga pemain tak perlu lagi repot-repot turun tangan langsung.

Di sisi lain, transfer pemain menyisakan beragam cerita. Ada sisi kontroversi, ada yang dilepas penuh emosional, ada yang prosesnya berlarut-larut dan menyita banyak atensi (saga transfer), sampai yang terkesan biasa dan dilupakan begitu saja.

Satu hal yang menarik, ada pemain yang telah meneken kontrak dengan sebuah klub, namun hingga dia meninggalkan klub itu, sama sekali tak pernah bermain untuk klub bersangkutan. Ada berbagai alasan yang menyertai kasus seperti ini.

Siapa saja pemain yang pernah mengalami hal semacam itu?

Dirangkum dari Marca, ini 18 pemain yang telah meneken kontrak, namun tak sekalipun bermain buat tim tersebut, alih-alih hengkang ke klub lain.

1 dari 4

Antonio Cassano

1. Antonio Cassano

Pemain asal Italia ini pergi dari Hellas Verona hanya beberapa hari setelah teken kontrak pada 2017. Tentu, tanpa pernah bermain sekalipun.

2. Roberto Ayala

Roberto Ayala tak melakukan perpanjangan kontrak dengan Valencia. Kemudian dia gabung Villareal, tapi pada akhirnya justru bermain buat Real Zaragoza, yang membayar klausul pelepasannya senilai enam juta euro.

3. Sergi Guardiola

Suatu sore, dia teken kontrak dengan Barcelona untuk bermain di tim B, namun lantas dilepas kembali. Alasannya? Adanya twit ofensif dari Catalonia.

4. Martin Demichelis

Dia menjalani pramusim 2013 sebagai pemain Atletico Madrid, namun mengakhiri musim itu bersama Manchester City. Dia tiba di Vicente Calderon (markas Atletico Madrid saat itu) dan pergi dengan nilai transfer lima juta euro.

2 dari 4

Sylvain Wiltord

5. Sylvain Wiltord

Sylvain Wiltord telah dikenalkan secara resmi sebagai pemain Deportivo La Coruna, namun dia hanya bertahan 15 hari, setelah Bordeaux menebus klausul pelepasannya dengan nilai 5,5 juta euro.

"Lebih baik saya pensiun ketimbang main buat Depor," kata Wiltord saat pergi.

6. Jonny Otto

Dia didatangkan Atletico Madrid dengan nilai transfer tujuh juta euro, namun tak pernah bermain buat Los Rojiblancos. Wolves membelinya seharga 20 juta euro.

7. Keirrison

Dia gabung Barcelona selama lima tahun, tetapi tak pernah menjejakkan kaki di Camp Nou. Dia dipinjamkan ke beberapa klub sebelum akhirnya hengkang secara permanen dari Barcelona.

8. Rodrigo

Dia tiba di Santiago Bernabeu setelah terlibat friksi dengan Deportivo La Coruna, dan meninggalkan El Real tanpa bermain satu menit pun.

9. John Obi Mikel

Dia dikenalkan Manchester United, dan hari berikutnya gabung Chelsea, yang lebih dulu membuat kesepakatan dengan klub lamanya.

3 dari 4

Kevin-Prince Boateng

10. Diogo Jota dan Rafael Santos Borre

Diperkenalkan secara bersama di Vicente Calderon, keduanya tak pernah sekalipun bermain buat Atletico Madrid dalam laga resmi.

11. Martin Skrtel

Petualangannya bersama Atalanta hanya bertahan 21 hari. Klub Italia itu memutus kontraknya karena alasan kondisi fisiknya.

12. Gaby Milito

Pada 2003, Real Madrid mencapai kesepakatan dengan Independiente untuk bek satu ini senilai empat juta euro. Namun, segala sesuatunya menjadi kontroversi saat sang pemain menjalani tes medis.

13. Kevin-Prince Boateng

Genoa memboyongnya dari Portsmouth. Namun, itu hanya jadi jembatan buatnya menyeberang ke AC Milan, klub yang didatanginya beberapa minggu kemudian.

14. Robert Jarni

Pemain satu ini ganti klub, dari Real Betis ke Coventry demi 700 juta pesetas. Dan dari Coventry ke Real Madrid demi 800 juta pesetas. Semua itu terjadi hanya dalam waktu satu minggu saja.

4 dari 4

Luis Figo

15. Roman Zozulya

Hanya dalam hitungan jam setelah Real Betis dan Rayo Vallecano mencapai kesepakatan, deal tersebut dibatalkan lantaran adanya tekanan dari suporter Rayo.

16. Christian Vieri

Sampdoria merupakan satu di antara 14 klub yang pernah disinggahi Christian Vieri. Tapi, jersey Sampdoria itu hanya dikenakannya saat dikenalkan klub. Dia bertahan kurang dari sebulan.

17. Edwin Congo

Real Madrid memboyongnya dengan nilai mencapai lima juta euro. Setelah dua tahun dalam masa peminjaman, Edwin Congo menghabiskan satu musim bersama El Real tanpa bermain satu menit pun.

18. Luis Figo

Pada 1995, Luis Figo teken kontrak bersama Parma, dan di saat bersamaan, Sporting SP menjualnya ke Juventus. Kekacauan ini justru membawa Luis Figo ke Barcelona.

Sumber: Marca
Disadur dari: Bola.com/Penulis Aning Jati
Published: 25 April 2020