FOLLOW US:


Barcelona Bisa Kembali Gagal di Liga Champions Musim Ini, Berikut Alasannya

22-02-2020 16:30

 | Aga Deta

Barcelona Bisa Kembali Gagal di Liga Champions Musim Ini, Berikut Alasannya
Antoine Griezmann merayakan golnya ke gawang Getafe, Sabtu (15/2/2020) © AP Photo

Bola.net - Barcelona punya ambisi yang besar untuk memenangi Liga Champions pada musim ini. Kendati demikian, perjalanan mereka untuk menuju ke sana tidak akan mudah.

Sejak lima tahun terakhir, Blaugrana seperti kesulitan tampil meyakinkan di pentas Liga Champions. Kali terakhir Tim Catalan meraih trofi Liga Champions adalah pada 2015.

Sampai saat ini, Lionel Messi dkk. masih cukup kesulitan kembali menunjukkan taringnya. Bahkan, dalam dua musim terakhir, Blaugrana kalah dengan cara yang memalukan.

Musim lalu, Barcelona sempat unggul 3-0 pada leg pertama semifinal Liga Champions kontra Liverpool. Namun Barca tidak konsisten. Pada leg kedua, raksasa asal Spanyol itu dipecundangi Liverpool 0-4 di Anfield dan akhirnya tersingkir.

Melansir dari Sportskeeda, Barcelona diprediksi mengulang kesalahan yang sama musim ini. Kondisi itu membuat Blaugrana tak begitu diunggulkan pada kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa tersebut.

Laporan menyebut ada empat alasan masuk akal yang bisa bikin Barcelona kembali gagal di Liga Champions 2020. Apa saja alasan tersebut? Berikut ini rangkumnya.

1 dari 4

1. Lionel Messi Tak Segahar Dulu

Catatan Lionel Messi sebagai pesepak bola dunia tak perlu diragukan lagi. Pemain asal Argentina itu telah mencetak lebih dari 600 gol sepanjang kariernya.

Namun kabar buruk tengah mengancam Barcelona musim ini. Lionel Messi tak segahar sebelumnya.

Pemain berusia 32 tahun itu hanya mencatatkan 14 gol di La Liga dan dua gol di Liga Champions musim ini. Performa Messi yang bisa dibilang menurun itu tentu menjadi catatan sendiri bagi manajemen.

La Pulga menjadi ujung tombak Barcelona selama ini. Klub terlalu bergantung pada pria yang kini berusia 32 tahun itu. Jadi, bakal menjadi kabar buruk jika Messi mulai kehilangan taringnya.

2 dari 4

2. Bek Bermasalah

Selama ini, Gerard Pique didapuk sebagai jenderal di lini belakang Barcelona. Namun pemain asal Spanyol itu melempem musim ini.

Performa Pique yang menurun membuat lini belakang Barcelona tak setangguh dulu. Menurut statistik, Blaugrana telah kebobolan 29 gol dalam 24 pertandingan La Liga 2019-2020.

Rasio kebobolan Barca juga cukup tinggi yakni 1,2 gol per pertandingan. Ini merupakan rekor terburuk Barcelona.

Mereka juga hanya berhasil dua kali clean sheet dari enam pertandingan di babak penyisihan grup Liga Champions musim ini.

3 dari 4

3. Dua Pemain Andalan Cedera

Dewi Fortuna seperti sedang menjauhi Barcelona. Dua pemain andalan Blaugrana yakni Ousmane Dembele dan Luis Suarez dihantam cedera serius.

Kondisi tersebut membuat komposisi Barcelona goyah. Manajemen bingung. Terbaru, Blaugrana justru merekrut pemain dari klub antah berantah bernama Martin Braithwaite.

Namun kedatangan mantan pemain dari Leganes itu tak membuat pencinta Barcelona tenang. Statistik Braithwaite yang biasa saja tentu tak akan bisa menambal celah yang ditinggal Suarez dan Dembele.

4 dari 4

4. Lawan Tangguh

Di balik permasalahan internal yang menimpa Barcelona musim ini, skuat asuhan Quique Setien itu harus menghadapi beban berat lainnya. Salah satu yang paling bikin panik adalah soal kualitas lawan.

Ya, Liga Champions selalu berisi klub-klub kelas dunia, termasuk musim ini. Juventus, Bayern Munchen, dan Liverpool diyakini bisa membuat Barcelona kalang kabut lagi.

Tiga tim elite Eropa itu tengah dalam performa yang cukup gemilang musim ini. Apalagi Liverpool. Klub asuhan Jurgen Klopp itu bakal berusaha sekuat tenaga untuk bisa mempertahankan gelar yang telah direngkuhnya musim lalu.

Sumber: Sportkeeda
Disadur dari: Bola.com/Penulis Hesti Puji Lestari/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 22 Februari 2020