FOLLOW US:


Barcelona Gagal Juara UCL, Van Gaal Salahkan Lionel Messi

24-06-2019 18:22

 | Dimas Ardi Prasetya

Barcelona Gagal Juara UCL, Van Gaal Salahkan Lionel Messi
Ekspresi kesedihan Lionel Messi saat Barca dihajar Liverpool. © AP Photo

Bola.net - Louis Van Gaal sebut kegagalan Barcelona meraih trofi Liga Champions tak lepas dari Lionel Messi, yang seharusnya beradaptasi pada tim dan bukan sebaliknya.

Messi, bersama Barca, memang berhasil menguasai pentas domestik. Mereka mengalahkan Real Madrid dalam perburuan trofi La Liga maupun Copa del Rey.

Akan tetapi di pentas Eropa, Barca melempem. Mereka terakhir kali juara pada tahun 2015 lalu, saat di final mengalahkan Juventus.

Sebaliknya Madrid berjaya di pentas Eropa. Los Blancos bahkan sempat jadi juara Liga Champions tiga tahun beruntun.

Musim 2018-19 kemarin, Messi sebenarnya sudah berikrar untuk membawa pulang trofi Liga Champions ke Camp Nou.

Namun langkah mereka terhenti dengan menyakitkan di semifinal. Mereka dijungkalkan balik oleh Liverpool meski di leg pertama sempat unggul tiga gol.

1 dari 2

Masalahnya di Messi


Van Gaal, yang pernah melatih di Barca dari tahun 1997-2000 dan 2002-2003, ikut menganalisa masalah ini. Menurutnya Blaugrana justru gagal jadi juara karena Messi.

Menurutnya Barca gagal juara karena cuma mengandalkan Messi. Padahal mereka harusnya mengandalkan usaha kolektif.

"Saya percaya bahwa tidak ada yang lebih penting daripada pemain tim. Barca menderita karena itu. Saya pikir Messi harus bertanya pada dirinya sendiri bagaimana mungkin ia sudah begitu lama tanpa memenangkan Liga Champions," ketusnya pada El Pais.

"Lihatlah Barcelona. Berapa banyak Liga Champions yang telah mereka menangkan dengan yang semua orang katakan adalah pemain terbaik di dunia? Lihatlah Neymar di PSG. Berapa banyak Liga Champions yang ia menangkan?"

“Ia adalah pemain individu terbaik di dunia karena statistiknya luar biasa. Tapi mengapa ia tidak memenangkan Liga Champions selama lima tahun?"

2 dari 2

Terbalik


Saat ini menurut Van Gaal ada hal yang salah di Barca. Menurutnya Messi harusnya yang menyesuaikan diri dengan timnya.

"Sebagai kapten, Anda harus bertanya pada diri sendiri mengapa tim tidak menang di Eropa. Saya pikir Messi juga bertanggung jawab atas apa yang terjadi di Barcelona, ​​bukan hanya pelatih," cetusnya.

"Mereka memiliki skuat yang terdiri dari 30 pemain dan saya percaya bahwa Messi harus menyesuaikan diri dengan tim, dan bukan sebaliknya," tegas Van Gaal.