FOLLOW US:


Best XI Paling Tidak Egois di Eropa, Ada Trent, Mbappe hingga Ter Stegen

07-02-2020 00:57

 | Dimas Ardi Prasetya

Best XI Paling Tidak Egois di Eropa, Ada Trent, Mbappe hingga Ter Stegen
Kylian Mbappe © AP Photo

Bola.net - Para jagoan assist dari lima liga teratas di Eropa di masing-masing posisi dikumpulkan dan dibentuk menjadi sebuah tim yang mungkin bisa disebut sebagai tim yang paling tidak egois di dunia.

Kompetisi di Eropa, mulai dari Premier League, Serie A, La Liga, Ligue 1 dan Bundesliga telah berjalan lebih dari setengah musim. Tentunya sudah ada banyak assist yang tercipta di kompetisi-kompetisi tersebut.

Di Premier League, ada Trent Alexander-Arnold yang bersinar di liverpool. Bek kanan yang masih berusia 21 tahun ini sudah mengoleksi 11 assist.

Kemudian di Ligue 1, di posisi penyerang ada Kylian Mbappe yang juga jago memberikan assist meski ketagihan mencetak gol. Sejauh ini ia telah mengemas 13 assist.

Di pentas La Liga, ada sosok Marc-Andre ter Stegen di sektor kiper. Meski tugas utamanya adalah menghalau lawan mencetak gol, namun itu juga tidak menghalanginya untuk menyumbangkan assist.

Selain ketiga pemain itu, siapa lagi pemain yang mengoleksi paling banyak assist di tiap posisi dari semua pemain di lima liga teratas di Eropa Dengan memakai formasi 4-3-3, berikut daftar lengkap para pemain tersebut, seperti yang dilansir oleh Transfermarkt.

1 dari 11

Kiper

Kiper
Marc-Andre Ter Stegen © AP Photo

Marc-Andre ter Stegen

Kiper asal Jerman ini tidak cuma jago dalam menghentikan bola tendangan lawan. Akan tetapi ia juga sanggup memberikan sumbangan assist pada rekan-rekannya di Barcelona.

Sejauh ini, Ter Stegen sudah menyumbangkan dua assist bagi Barcelona. Keduanya ia hasilkan di ajang La Liga.

2 dari 11

Bek Kanan

Bek Kanan
Trent Alexander-Arnold saat beraksi di laga Leicester City vs Liverpool di King Power Stadium, Jumat (27/12/2019). © AP Photo

Trent Alexander-Arnold

Ia menjadi salah satu sumber assist penting bagi lini serang Liverpool sejak musim lalu. Trent memiliki visi yang jempolan dalam mengirimkan umpan silang yang sangat akurat.

Musim ini ia telah mengemas 12 assist bagi Liverpool. 10 di Premier League, satu di Liga Champions dan satu lagi di Piala Dunia Antarklub.

3 dari 11

Bek Tengah

Bek Tengah
El Shaarawy dihadang pemain Atalanta, Rafael Toloi. © AFP

Rafael Toloi

Bek tengah asal Brasil ini menjalani musim yang luar biasa bersama Atalanta. Ia ikut mengantarkan La Dea lolos ke Liga Champions pada musim ini.

Dan meski bermain sebagai bek tengah, ia juga cukup piawai memberikan assist dan itu sudah terlihat dalam beberapa musim belakangan. Musim ini, ia telah mengemas enam assist dan semuanya dari pentas Serie A.

4 dari 11

Bek Tengah

Bek Tengah
Pemain belakang Bayern Munchen, Benjamin Pavard. © AP Photo

Benjamin Pavard

Bek asal Prancis ini adalah bek serba bisa. Ia lebih dikenal sebagai bek kanan akan tetapi ia juga mahir bermain sebagai bek tengah.

Ia bahkan juga bisa dimainkan sebagai bek kiri. Bayern Munchen pun beruntung mendapatkan dirinya. Musim ini, Pavard telah menyumbangkan lima assist, tiga di Bundesliga dan dua di Liga Champions.

5 dari 11

Bek Kiri

Bek Kiri
Juan Bernat © AP Photo

Juan Bernat

Ia menjadi salah satu tulang punggung kesukesan PSG mendominasi liga domestik Prancis. Sekarang ia tengah berusaha untuk membantu timnya meraih prestasi di Liga Champions.

Sejauh ini bek asal Spanyol tersebut telah mengemas enam assist bagi PSG. Empat di antaranya di Ligue 1 dan dua sisanya di Liga Champions.

6 dari 11

Gelandang Bertahan

Gelandang Bertahan
Bintang AS Roma, Lorenzo Pellegrini © AP Photo

Lorenzo Pellegrini

Pemain berusia 23 tahun ini adalah seorang geladang serba bisa. Ia bisa bermain di sektor gelandang serang, sebagai gelandang tengah atau gelandang bertahan.

AS Roma pun mendapat banyak keuntungan dengan memiliki pemain sekaliber dirinya. Pemain asli Italia tersebut sejauh ini sudah mengemas 11 assist, sembilan di Serie A dan dua di Liga Europa.

7 dari 11

Gelandang Bertahan

Gelandang Bertahan
Joshua Kimmich © DFL

Joshua Kimmich

Ia termasuk pemain yang serba bisa. Selain bisa menjadi bek kanan, ia juga mahir dimainkan sebagai gelandang bertahan.

Kimmich sekarang menjadi salah satu pilar penting Bayern Munchen. Musim ini ia telah mengemas enam assist, empat di Bundesliga dan dua di DFB Pokal.

8 dari 11

Gelandang Serang

Gelandang Serang
Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne © AP Photo

Kevin De Bruyne

Ia adalah salah satu pilar penting Manchester City. Sang juara bertahan Premier League itu menjadikannya sebagai salah satu motor serangan tim.

Ia juga menjadi penyuplai assist dan gol bagi City. Sejauh musim ini berlangsung, ia sudah memberikan 18 assist bagi The Citizen; 16 di Premier League, satu di Liga Champions dan satu lagi di EFL Cup.

9 dari 11

Winger Kanan

Winger Kanan
Jadon Sancho mencetak satu gol dan satu assist pada laga DFL Super Cup melawan Bayern Munchen, Sabtu (3/8/2019) di Signal Indupa Park. © Bundesliga

Jadon Sancho

Borussia Dortmund sangat beruntung bisa mendapatkan Jadon Sancho dari Manchester City. Sebab di usianya yang masih sangat muda, 19 tahun, ia mampu menunjukkan bakat besarnya sebagai winger dan kini ia diincar banyak raksasa Eropa.

Sejak pindah ke Dortmund, Sancho telah memecahkan banyak rekor. Sementara itu pada musim ini, ia telah mengemas 16 asisst di semua ajang kompetisi; 13 di Bundesliga dan dua di Liga Champions.

10 dari 11

Winger Kiri

Winger Kiri
Neymar saat berlaga di pertandingan antara Lyon vs PSG. © AP Photo

Neymar

Bintang Timnas Brasil ini adalah salah satu penyerang terbaik di dunia sekarang ini. Ia memang sempat disebut tidak bahagia di PSG dan bakal cabut ke Spanyol lagi pada musim panas kemarin.

Akan tetapi pada musim ini ia tetap menunjukkan performa terbaiknya meski terlibat dalam banyak masalah sejak tiba di Paris pada tahun 2017 lalu. Musim ini ia telah mengemas 10 assist; enam di Ligue 1, dua di Liga Champions dan dua lagi di Piala Liga Prancis.

11 dari 11

Penyerang Tengah

Penyerang Tengah
Kylian Mbappe © AP Photo

Kylian Mbappe

Ia tak diragukan lagi adalah salah satu pemain terbaik di dunia saat ini meski masih berusia 21 tahun. Di masa depan, Mbappe diprediksi akan bisa meraih trofi Ballon d'Or.

Sekarang ini ia menjadi tombak andalan PSG, bersama Neymar dan Edinson Cavani plus Mauro Icardi. Maka dari itu ia tak cuma bertugas mencetak gol namun ia juga membagikan assist pada Neymar, Cavani maupun Icardi. Musim ini ia telah mengemas 13 assist; enam di Ligue 1, empat di Liga Champions dan tiga di Piala Liga Prancis.

(transfermarkt)