FOLLOW US:


Dari Buffon, Courtois, Hingga Alisson, Ini Barisan Para Kiper Termahal Dalam Sejarah Sepak Bola

15-05-2020 20:46

 | Dimas Ardi Prasetya

Dari Buffon, Courtois, Hingga Alisson, Ini Barisan Para Kiper Termahal Dalam Sejarah Sepak Bola
Gianluigi Buffon © AP Photo

Bola.net - Penjaga gawang adalah pos yang mungkin kerap dipandang sebelah mata namun peran mereka makin mendapat respek hingga akhirnya mereka dihargai sangat tinggi di pasaran.

Biasanya, sebuah klub baru bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memboyong pemain yang berposisi penyerang, bukan kiper. Namun, tren itu mulai berubah. Klub tak segan merogoh kocek dalam-dalam agar bisa berhasil mengamankan jasa penjaga gawang incaran.

Hal itu dilandasi pemahaman bahwa kiper juga punya peran penting bagi klub-klub meraih kesuksesan. Setiap klub membutuhkan kiper terbaik di barisan pertahanan mereka.

Seperti yang dilakukan Chelsea saat mendatangkan Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao pada musim panas 2018.Kala itu, the blues menebus Kepa dengan harga 80 juta euro (Rp1,2 triliun).Transfer tersebut menjadikan Kepa sebagai kiper termahal di dunia.

Faktanya, tidak sedikit seorang kiper harus ditebus dengan dana yang besar. Lantas siapa saja kiper yang pernah dibeli dengan harga mahal?

Simak nama-nama para kiper tersebut di bawah ini Bolaneters.

10 dari 10

Kepa Arrizabalaga - 80 juta euro

Hanya butuh dua musim bagi Kepa sebagai kiper nomor satu Athletic Bilbao untuk menjadi penjaga gawang termahal di dunia.

Hingga kini, keputusan Chelsea memboyongnya pada Agustus 2018 dengan harga begitu maha, masih dipertanyakan mengingat kurangnya pengalamannya.

Ketika itu, Kepa baru sekali bermain buat Timnas Spanyol. Dengan kepindahan Thibaut Courtois ke Real Madrid, Chelsea berani mengambil risiko.

The Blues membayar secara penuh klausul pelepasan Kepa mencapai 80 juta pounds dan memasangnya sebagai kiper utama. Sejak itu, kiper berusia 25 tahun ini membukukan 31 clean sheets dalam 87 pertandingan dan memenangi Liga Europa pada musim lalu.

Sumber: Ronaldo.com
Disadur dari: Bola.com/Penulis Alfi Yuda/Editor Aning Jati
Published: 15 Mei 2020

9 dari 10

Alisson Becker - 62,5 juta euro (+ 10 juta euro)

Liverpool mendatangkan Allison Becker yang berharga 72,5 juta euro pada Juli 2018 dari AS Roma. Kiper asal Brasil ini menggeser Loris Karius, yang penampilannya mulai mengecewakan.

Di musim debutnya di Premier League, Alisson mengoleksi 21 clean sheet dalam 38 penampilan yang membuatnya diganjar penghargaan Golden Glove.

Konsistensi permainan Alisson juga berperan penting dalam rekor pertahanan The Reds. Setelah merasakan nikmat gelar Liga Champions, kiper berusia 27 tahun ini mungkin sebentar lagi menikmati manisnya titel Premier League.

8 dari 10

Gianluigi Buffon - 52,88 juta euro

Pemain internasional Italia dengan caps mencapai 176 ini bisa dibilang merupakan kiper terhebat di generasinya, meski untuk itu Buffon harus bersaing dengan beberapa penjaga gawang lainnya, seperti Iker Casillas dan Petr Cech.

Buffon mulai terkenal sejak membela Parma, namun puncak kariernya terjadi saat memperkuat Juventus. Buffon pemain loyal. Dia ikut turun saat Nyonya Tua dilanda aib calciopoli dan dihukum bermain di Serie B pada 2006.

Bahkan, keberhasilan di Ligue 1 bersama PSG, tak mampu menjauhkan Buffon dari Juventus. Hanya satu musim, Buffon kembali ke Turin dan saat ini sedang berjuang meraih gelar Serie A ke-10.

Legenda hidup Italia ini memegang posisi teratas dalam daftar kiper paling mahal dalam sejarah selama 17 tahun. Ia pindah dari Parma ke Juventus pada Juli 2001 dengan harga 52,88 juta euro.

7 dari 10

Ederson - 40 juta euro

Manchester City mendatangkan Ederson dari Benfica pada 2017 dengan nilai 40 juta euro. Dia mencatatkan 62 clean sheets dalam 131 penampilan, membantu the Citizen meraih back-to-back gelar Premier League dan treble domestik pada musim lalu.

Kiper asal Brasil ini memiliki refleks yang luar biasa dan kemampuan menembak. Dia juga terkenal dengan keahlian memainkan bola di kakinya.

6 dari 10

Thibaut Courtois - 35 juta euro

Courtois mendapatkan keinginannya kembali ke Spanyol dengan gabung Real Madrid pada 2018 dari Chelsea dalam kesepakatan senilai 35 juta euro.

Terlepas masa lalunya dengan Atletico Madrid, kiper asal Belgia ini mampu menjadi nomor satu satu di bawah mistar gawang Los Blancos menyusul kepergiian Keylor Navas ke PSG pada musim panas tahun lalu.

5 dari 10

Jasper Cillessen & Neto - 35 juta euro

Kesepakatan besar pada musim panas lalu antara Barcelona dengan Valencia, masuk daftar di urutan keenam.

Jenuh dengan ketidakpastian terkait kesempatan bermain, Cillessen memilih pindah ke Valencia, bertukar tempat dengan Neto. Kendati, cedera pinggil dan betis telah membatasi kesempatan bermainnya akhir-akhir ini.

Neto, di sisi lain, telah menjalani karier apik di Mestalla da siap menjadi penjaga gawang nomor Barcelona melapisi Marc-Andre Ter Stegen. Musim ini, Neto sudah mencatatkan empat penampilan bersama Blaugrana.

4 dari 10

Manuel Neuer - 30 juta euro

Manuel Neuer bisa jadi kiper terhebat dalam satu dekade terakhir ini. Neuer muncul di Schalke, mengesankan publik dan kalangan pengamat dengan kemampuan bolanya.

Sejak itu, dia tampil lebih mengesankan lagi saat bersama Bayern Munchen dalam sembilan tahun terakhir, membantu Die Roten memenangkan 18 trofi.

Pada 2014, Neuer berada di urutan ketiga dalam Ballon d’Or 2014 du belakang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

3 dari 10

Jordan Pickford - 28,5 juta euro

Harapan tinggi dibebankan di pundak Pickford sejak gabung Sunderland. Setelah beberapa kali dipinjamkan, ia membuktikan kualitasnya sebagai penjaga gawang terbaik pada 2016-2017.

Sunderland boleh saja terdegradasi, namun itu tak mengurungkan niat Everton untuk mendatangkan Pickford dengan harga 28,5 juta euro pada 2017. Sejak itu, Pickford mencatatkan lebih dari 100 penampilan buat The Toffees.

Pickford bahkan berhasil menjadi kiper nomor satu di Timnas Inggris. Posisinya di The Three Lions tak tergoyahkan sampai saat ini.

2 dari 10

Francesco Toldo - 26,5 juta euro

Francesco Toldo menikmati karier profesional yang luar biasa selama 20 tahun di sepak bola. Setelah terbilang gagal di AC Milan, ia hijrah ke Fiorentina dan di sana dia membuktikan dirinya sebagai penjaga gawang terbaik.

Hal itu jadi alasan Inter Milan berani mengontraknya dengan harga 26,5 juta euro pada 2001. Dana sebesar itu sebanding dengan kualitas Toldo.

Dia mencatatkan 95 clean sheets dalam 233 penampilan. Ia juga memenangi 12 trofi, termasuk treble pada musim 2009-2010.

1 dari 10

Bernd Leno - 25 juta euro

Mantan kiper Bayern Leverkusen ini menjadi satu di antara rekrutan pertama di era pasca Arsene Wenger pada 2018. Hanya dalam enam pertandingan, dia menggeser Petr Cech di bawah mistar gawang the Gunners.

Sejak itu Leno menjadi kiper nomor satu Arsenal. memcatatkan 17 clean sheets dalam 66 pertandingan di semua ajang.