FOLLOW US:


Dikalahkan Barcelona, Bukti Juventus Terlalu Bergantung ke Cristiano Ronaldo?

29-10-2020 13:00

 | Yaumil Azis

Dikalahkan Barcelona, Bukti Juventus Terlalu Bergantung ke Cristiano Ronaldo?
Cristiano Ronaldo saat berlatih bersama timnas Portugal. © AP Photo

Bola.net - Juventus tidak bisa menurunkan Cristiano Ronaldo sewaktu bertemu dengan Barcelona di laga fase grup Liga Champions, Kamis (29/10/2020) dinihari tadi. Hasilnya, Bianconeri kalah dengan skor 0-2.

Juara bertahan Serie A tersebut sebenarnya memiliki sejumlah peluang, bahkan mampu menggetarkan jala gawang Barcelona sebanyak tiga kali lewat Alvaro Morata. Sayangnya ketiga gol itu dianulir karena Morata terjebak offside.

Sementara itu, serangan Barcelona tergolong mulus. Mereka sudah unggul saat pertandingan baru berlangsung selama 14 menit lewat sepakan sang penyerang, Ousmane Dembele.

Skor bertahan hingga menit-menit akhir. Pada masa injury time, Barcelona mendapatkan hadiah penalti dari wasit atas pelanggaran yang dilakukan Federico Bernadeschi terhadap Ansu Fati. Lionel Messi mengeksekusinya dengan baik.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Absennya Ronaldo Sangat Terasa

Sebenarnya, banyak orang yang sudah menantikan laga ini. Bisa dikatakan bahwa ini adalah pertemuan pertama antara Ronaldo dan Messi setelah dua tahun lamanya.

Sayangnya Ronaldo tidak bisa ikut serta dalam pertandingan kali ini karena sedang terjangkit Covid-19. Ronaldo mendapati virus tersebut saat menjalani 'dinas' di Timnas Portugal dalam ajang UEFA Nations League.

Ronaldo tidak menunjukkan gejala dan nampak bugar, seperti yang terlihat dalam beberapa video di Instagram miliknya. Ia bahkan sempat melampiaskan kekesalannya dengan menulis komentar kontroversial yang langsung dihapus.

Ditambah laga melawan Barcelona, artinya Ronaldo sudah melewatkan empat pertandingan Juventus sejauh ini. Dan absennya peraih lima trofi Ballon d'Or tersebut sangat terasa di skuad asuhan Andrea Pirlo.

2 dari 2

Ronaldo-dipende?

Di liga, Juventus telah menelan dua hasil imbang melawan Crotone dan Hellas Verona saat Ronaldo tidak bermain. Dua hasil ini memaksa Bianconeri untuk duduk di peringkat ke-5 dalam klasemen sementara Serie A.

Juventus mungkin bisa menjebol gawang Barcelona sebanyak tiga kali, yang kemudian dianulir wasit. Namun cukup terlihat bagaimana mereka kesulitan menembus benteng Barcelona yang bahkan tidak diperkuat pemain pentingnya.

Gerard Pique harus absen sebagai hasil dari kartu merah yang didapatkan saat bertemu Ferencvaros pekan lalu. Posisinya kemudian diisi oleh pemain berusia 21 tahun yang minim pengalaman, Ronald Araujo.

Araujo harus ditarik keluar karena mengalami cedera. Posisi bek sentral pun harus diisi oleh Frenkie De Jong karena klub asuhan Ronald Koeman tersebut sudah tidak memiliki opsi lain. Tetapi, Juventus tetap kesulitan mencetak gol.

Pada musim ini, Ronaldo sudah mencetak tiga gol meski baru bermain dua kali. Ini menjadi PR berat buat Pirlo. Ia harus mencari cara agar produktivitas Juventus tetap terjaga meski Morata kerap terjebak offside atau kala Ronaldo absen.

(Express)