FOLLOW US:


Eric Cantona Akan Terima Penghargaan UEFA Presidents Award 2019

27-08-2019 17:01

 | Dimas Ardi Prasetya

Eric Cantona Akan Terima Penghargaan UEFA Presidents Award 2019
Eric Cantona © AFP

Bola.net - Legenda Manchester United Eric Cantona telah terpilih untuk memenangkan penghargaan UEFA President's Award 2019.

Legenda sepak bola asal Prancis itu memperkuat Setan Merah mulai tahun 1992. Ia bertahan di Old Trafford hingga tahun 1997.

Cantona memang sosok yang kontroversial. Namun tak bisa dipungkiri, ia adalah seorang pesepakbola yang sensasional dengan skill-nya yang menawan.

Selama di United, Cantona membantu klub tersebut meraih sembilan gelar juara di pentas domestik. Empat di antaranya adalah trofi juara Premier League.

Total selama membela MU, ia tampil sebanyak 174 kali di semua ajang kompetisi. Ia mengemas 79 gol dan 59 assist.

1 dari 2

Alasan Pemilihan Cantona

Pihak UEFA memilih Cantona berkat prestasinya yang luar biasa. Selain itu ia juga dinilai berdasarkan keunggulan profesional dan kualitas pribadi yang patut dicontoh.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, memberikan tribut pada Cantona. Ia menyebut pria 53 tahun itu adalah sosok pria yang patut dicontoh.

"Penghargaan ini tidak hanya mengakui karirnya sebagai pemain kaliber tertinggi, tetapi juga menghormatinya dirinya apa adanya- seorang pria yang menolak kompromi, yang membela nilai-nilainya, yang mengutarakan pikirannya dan secara khusus menempatkan hati dan hatinya jiwanya untuk mendukung tujuan yang ia yakini," seru Ceferin, seperti dilansir Sky Sports.

Cantona merupakan pendukung proyek Common Goal. Proyek ini mendanai acara-acara sepak bola untuk amal di berbagai penjuru dunia.

2 dari 2

Ikuti Jejak Beckham

Dengan diberikannya penghargaan ini, Cantona mengikuti jejak beberapa nama besar dalam dunia sepak bola. Salah satunya adalah mantan rekannya di Manchester United, David Beckham.

Kemudian ada juga nama legenda sepak bola Inggris, Sir Bobby Charlton. Alfredo Di Stefano serta Eusebio juga pernah mendapat kehormatan menerima penghargaan ini.

Nantinya, penghargaan ini akan diserahkan kepada Eric Cantona dalam sebuah seremoni yang digelar UEFA di Monaco, hari Kamis (29/08/2019) mendatang. Acara ini merupakan bagian dari pengundian fase grup Liga Champions 2019/2020.

(Sky Sports)