FOLLOW US:


Final Liga Champions, Super Komputer Prediksi Liverpool Juara

31-05-2019 13:17
Final Liga Champions, Super Komputer Prediksi Liverpool Juara
Preview Final Liga Champions 2019: Tottenham Hotspur vs Liverpool © Bola.net

Bola.net - Liverpool dan Tottenham akan bersua di final Liga Champions Minggu (2/6) dini hari WIB di Stadion Wanda Metropolitano. Sebuah super komputer memberikan prediksi bahwa Liverpool yang akan jadi juara.

Liverpool dan Tottenham melaju ke final usai menjalani laga yang heroik pada babak semifinal. Liverpool menang telak dengan skor 4-0 atas Barcelona pada leg kedua. The Reds membalikkan kekalahan 3-0 pada leg pertama di Camp Nou.

Langkah Spurs juga tidak kalah heroik pada babak semifinal. The Lily White mampu menyisihkan Ajax. Kalah dengan skor 0-1 di kandang, Spurs bangkit pada leg kedua. Hattrick Lucas Moura memasikan Spurs menang dengan skor 2-3 dan lolos ke final.

Baik Liverpool maupun Spurs sudah saling berjumpa pada musim 2018/19 ini. Dalam dua pertemuan, Liverpool selalu meraih kemenangan. The Reds menang dengan skor yang identik yakni 2-1, baik di laga kandang maupun tandang.

Nah, seperti dikutip dari Mirror, sebuah super komputer FiveThirtyEight, memberikan prediksi siapa yang akan menang dalam laga final antara Liverpool atau Tottenham. Hasilnya, Liverpool yang akan menang.

FiveThirtyEight menyebut kemungkinan Liverpool menang jauh lebih besar yakni mencapai 72 persen. Sementara, peluang Spurs untuk menang hanya 28 persen saja.

Lantas, apakah prediksi dari super komputer FiveThirtyEight cukup akurat? Simak perbandingan tingkat akurasinya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 1

Prediksi Babak Perempat final

Super komputer FiveThirtyEight juga melakukan prediksi hasil Liga Champions musim 2018/19 ini pada babak perempat final. Saat itu, mereka membuat prediksi tim yang akan melaju ke semifinal bahkan hingga menjadi juara.

Saat itu, FiveThirtyEight menyebut peluang Spurs melaju ke semifinal hanya 38 persen saja. Sementara, Man City mendapatkan peluang sebanyak 74 persen. Namun, hasilnya Man City gagal dan Spurs yang justru melaju ke semifinal.

Prediksi lain, FiveThirtyEight memberi peluang 41 persen bagi Liverpool untuk melaju ke final. Angka ini hanya di bawah Manchester City yang mendapatkan peluang 49 persen. Untuk prediksi Liverpool, FiveThirtyEight benar karena Liverpool melaju ke final.

Dan, berikut adalah prediksi super komperter FiveThirtyEight pada babak perempat final lalu:

Persentase Lolos ke Semifinal

Man City: 74%
Liverpool: 67%
Tottenham: 38%
Man United: 34%
Barcelona: 65%
Juventus 51%
Ajax: 42%
Porto: 30%

Persentase Lolos ke Final

Man City: 49%
Liverpool: 41%
Tottenham: 13%
Man United: 11%
Barcelona: 38%
Juventus: 23%
Ajax: 17%
Porto: 8%

Persentase Keluar sebagai Juara

Man City: 28%
Liverpool: 22%
Tottenham: 5%
Man United: 4%
Barcelona: 20%
Juventus: 11%
Ajax: 7%
Porto: 3%

Well, kalau prediksi Bolaneters siapa yang akan jadi juara? Tulis pada kolom komentar ya...