FOLLOW US:


Gelar Sepak Bola di Tengah Pandemi Corona, IFAB Izinkan Penggunaan Lima Pemain Pengganti

08-05-2020 20:48

 | Dimas Ardi Prasetya

Gelar Sepak Bola di Tengah Pandemi Corona, IFAB Izinkan Penggunaan Lima Pemain Pengganti
© AP Photo

Bola.net - The International Football Association Board (IFAB), alias badan kepengurusan yang menentukan aturan permainan sepak bola, telah merestui penggunaan lima pemain pengganti pada kompetisi-kompetisi akan yang berlanjut di tengah pandemi virus corona saat ini.

Akibat pandemi virus corona ini, beberapa kompetisi di Eropa telah terhenti. Di antaranya Liga Belgia, Belanda, dan Prancis.

Namun akan ada sejumlah liga lain yang akan terus maju jalan dan akan menuntaskan liga sampai akhir. Yang sudah memastikan akan menggulirkan kembali kompetisi itu adalah Bundesliga.

Kemudian ada La Liga dan Serie A yang kemungkinan menyusul. Perubahan soal aturan pergantian pemain ini sendiri dilakukan demi melindungi para pemain.

Sebab diperkirakan akan ada banyak pemain yang tidak fit. Hal ini diprediksi akan terjadi karena pemain tak punya banyak waktu untuk menempa fisiknya sebelum kompetisi digulirkan lagi.

1 dari 2

Hanya Untuk Musim 2019-20

Pihak IFAB mengkonfirmasikan bahwa keputusan itu dibuat berdasarkan permintaan dari FIFA. Mereka juga menegaskan bahwa aturan ini hanya berlaku sementara dan khusus untuk kompetisi-kompetisi yang direncanakan berakhir pada 31 Desember tahun ini, alias untuk liga musim 2019-20 ini saja.

Aturan ini juga akan berlaku di pentas Liga Champions dan Liga Europa. IFAB juga menegaskan bahwa hanya tiga penghentian waktu untuk pergantian pemain yang akan diizinkan per tim - seperti aturan reguler sepakbola.

Akan tetapi beberapa pergantian akan diizinkan selama jeda tersebut. Sementara klub juga dapat melakukan pergantian pemain di paruh babak pertama.

2 dari 2

Pernyataan IFAB

"Amandemen sementara mulai berlaku dengan efek langsung, dan telah dibuat karena pertandingan dapat dimainkan dalam periode yang padat dalam kondisi cuaca yang berbeda, yang keduanya dapat berdampak pada kesehatan pemain."

Namun, IFAB juga mengkonfirmasi bahwa memperkenalkan aturan tersebut adalah kebijaksanaan dan implementasi yang tergantung pada penyelenggara kompetisi secara individu. Artinya, masih harus dikonfirmasikan apakah aturan ini nanti pasti akan digunakan di Premier League, Serie A, Bundesliga dan kompetisi lainnya.

Sejauh ini, hanya Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) yang telah secara resmi mengumumkan akan mengusulkan kemungkinan memungkinkan tim untuk membuat lima pergantian pemain per pertandingan jika sepak bola kembali di negara tersebut. Pernyataan mereka menegaskan bahwa presiden RFEF Luis Rubiales telah mengomunikasikan gagasan itu kepada ketua La Liga Javier Tebas, yang mengindikasikan dukungannya untuk ide tersebut.

Namun IFAB juga menyebut aturan bisa saja berlaku pada musim depan. Namun pembicaraan soal hal ini baru akan digelar di waktu yang akan ditentukan kemudian.

Selain itu, IFAB telah mengubah aturannya terkait Video Assisten Referee (VAR). Mereka mengizinkan pengelola liga untuk memilih berhenti memakai teknologi tersebut, jika dan ketika mereka melanjutkan sisa kompetisi musim ini.

(IFAB)