FOLLOW US:


Hadapi Liverpool, Matthaus Sarankan Munchen Main Bertahan

13-03-2019 00:30
Hadapi Liverpool, Matthaus Sarankan Munchen Main Bertahan
Bayern Munchen. © AFP

Bola.net - Legenda Bayern Munchen, Lothar Matthaus, meyakini bahwa mengusung strategi menyerang kala melawan Liverpool merupakan sebuah tindakan yang gila. Oleh karena itu, ia menyarankan bekas klubnya tersebut untuk bermain lebih bertahan.

Munchen dan Liverpool akan kembali dipertemukan dalam babak 16 besar Liga Champions pada hari Kamis (14/3) mendatang. Pada laga sebelumnya yang berlangsung di markas The Reds, Anfield, kedua tim bermain imbang 0-0.

Dengan hasil tersebut, maka kedua tim masih memiliki peluang yang tinggi untuk melaju ke babak selanjutnya. Tapi Bayern Munchen sedikit lebih diuntungkan, sebab kali ini mereka akan bermain di hadapan para pendukung setianya yang siap memadati Allianz Arena.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3

Main Bertahan

Hasil imbang 0-0 tidak akan menguntungkan bagi kedua tim, maka dari itu salah satunya harus mencetak gol pada waktu normal untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Maka dari itu, mengusung strategi menyerang perlu baik bagi Munchen maupun Liverpool.

Namun Matthaus memiliki opini yang sedikit berbeda. Ia beranggapan bahwa Munchen hanya perlu menyerang demi mendapatkan satu gol lalu bertahan di sepanjang pertandingan. Namun jangan sampai sangat bertahan juga.

"Bayern harus menemukan keseimbangan yang tepat - jangan kebobolan, dan mencetak satu gol untuk diri mereka sendiri. Itulah yang mereka butuhkan," tutur Matthaus kepada Sky Germany.

"Tapi keseimbangan sangatlah penting - dan juga bisa jadi sangat berbahaya: Sedikit menyerang, dan Liverpool bisa memanfaatkannya; terlalu bertahan, maka itu mungkin akan mengurangi ancaman serangan Bayern," tambahnya.

2 dari 3

Pertahanan Sudah Kompak

Untuk urusan pertahanan, Matthaus cukup yakin bek Die Bavarians sudah cukup kompak untuk mengawal gawangnya. Pria berumur 57 tahun tersebut telah menyaksikan itu dengan mata kepalanya sendiri dalam beberapa pertandingan terakhir.

"Dalam beberapa pekan terakhir Bayern cukup bagus di sektor belakang, kompak, dan begitulah cara anda membendung penyerangan yang kuat seperti Liverpool," tambahnya.

"Anda tak bisa mengerahkan segalanya ke Liverpool sejak awal, tak ada pelatih yang akan segila itu, sebab kami tahu betapa kuatnya Liverpool. Dan itulah mengapa pendekatan di leg pertama sedikit berhati-hati ketimbang di laga Liga Champions lainnya," tandasnya.

Sebagai catatan, termasuk laga leg pertama melawan Liverpool, Munchen baru kebobolan satu gol dari empat pertandingan terakhirnya. Selain itu, mereka juga berhasil menyarangkan total 12 gol ke gawang lawannya.

3 dari 3

Saksikan Juga Video Ini

Berita video Carles Puyol menyapa para fans Indonesia dalam acara UEFA Champions League Trophy Tour presented by Heineken.