FOLLOW US:


Hari Ini 26 Tahun Lalu, Milan Bantai Barcelona 4-0 di Final Liga Champions

19-05-2020 00:55

 | Ari Prayoga

Hari Ini 26 Tahun Lalu, Milan Bantai Barcelona 4-0 di Final Liga Champions
AC Milan vs Barcelona di final Liga Champions 1994 © UEFA

Bola.net - Tepat hari ini 26 tahun lalu, 18 Mei 1994 atau 19 Mei 1994 dini hari WIB, menjadi malam bersejarah bagi klub raksasa Italia, AC Milan.

Milan sukses menjuarai Liga Champions setelah membungkam Barcelona dengan skor telak 4-0 dalam partai final yang digelar di Olympic Stadium Athena, Yunani.

Bagi Milan, ini merupakan gelar juara Piala/Liga Champions kelima mereka, sekaligus yang pertama dari tiga trofi si kuping besar yang mereka raih ketika sudah bernama Liga Champions.

1 dari 2

Background Pertandingan

Sejatinya, Milan menjemput laga ini dengan kondisi kurang ideal. Tiga bintang mereka, yakni Marco van Basten, Alessandro Costacurta, dan Franco Baresi harus absen.

Di sisi lain, Barcelona datang dengan kepercayaan diri tinggi. Kala itu Barca baru saja memastikan gelar juara La Liga untuk keempat kali secara beruntun.

Penonton dibuat kecewa karena tak bisa menyaksikan duel saudara kandung antara Michael dan Brian Laudrup. Pasalnya, pelatih Milan dan Barca, Fabio Capello dan Johan Cruyff tak memasukkan keduanya ke skuad karena keterbatasan kuota pemain asing.

2 dari 2

Jalannya Pertandingan

Di luar dugaan, Milan sukses mendominasi jalannya laga ini. Il Diavolo Rosso pun membuka keunggulan lewat aksi Daniele Massaro pada menit ke-22.

Massaro menjadi mimpi buruk bagi Barca. Sesaat sebelum turun minum, ia kembali sukses mengoyak jala Blaugrana yang dijaga Andoni Zubizarreta.

Hanya kurang dari satu menit usai kembali dari kamar ganti, penderitaan Barcelona semakin bertambah setelah Dejan Savicevic mencetak gol ketiga Milan.

Marcel Desailly akhirnya melengkapi kemenangan Milan menjadi 4-0 berkat gol yang ia ciptakan pada menit ke-58.

Sumber: UEFA