FOLLOW US:


Hari Ini 7 Tahun Lalu, Oscar Permalukan Pirlo dan Bikin Buffon Kagum

20-09-2019 11:21

 | Afdholud Dzikry

Hari Ini 7 Tahun Lalu, Oscar Permalukan Pirlo dan Bikin Buffon Kagum
Oscar © AFP

Bola.net - Tepat hari ini, tujuh tahun lalu Oscar mengumumkan kedatangan dan perkenalannya di Chelsea dengan cara yang fantastis.

Pertandingan tersebut digelar di Stamford Bridge, di panggung tertinggi sepak bola Eropa bernama Liga Champions. Pertandingan antara Chelsea vs Juventus ini berakhir dengan skor imbang 2-2. Namun apa yang terjadi pada laga tersebut bakal sulit dilupakan oleh Oscar.

Tidak banyak pemain yang bisa langsung mencetak gol dalam debutnya di Liga Champions, dan Oscar adalah salah satunya. Melawan Juventus di penyisihan Grup E Liga Champions 2012-2013, 20 September 2012, Oscar mencetak dua gol dalam debutnya di panggung Eropa.

Dua gol Oscar itu sendiri tercipta dalam tempo hanya tiga menit. Setelah menjalani laga dengan biasa-biasa saja, ia juga tampak kesulitan menembus pertahanan Juventus, Oscar menunjukkan kualitasnya ketika pertandingan memasuki waktu setengah jam.

Untuk gol yang ia cetak pada menit ke-31 memang bisa dikatakan sebuah keberuntungan setelah tembakannya berbelok usai mengenai Leonardo Bonucci. Tapi untuk gol kedua, itu adalah murni kualitas dan talenta besar dari Oscar.

1 dari 2

Gol Indah dari Oscar

Hanya berselang dua menit setelah mencetak gol yang membuat Chelsea unggul 1-0, Oscar kembali membuat gol. Kali ini gol yang tercipta sungguh fantastis.

Menerima umpan mendatar dari Ashley Cole, Oscar melakukan pergerakan yang tak disangka-sangka. Bonucci dan Andrea Pirlo yang menjaganya terkecoh setelah bola yang diterima Oscar mampu digerakkan ke arah yang tak bisa ditebak Pirlo.

Setelah mengecoh Bonucci dan Pirlo, dengan cepat Oscar membalik badan sebelum melepas tembakan roket yang keras ke arah gawang Gianluigi Buffon. Bonucci dan Pirlo hanya bisa terperangah ketika bola meluncur deras ke arah gawang. Buffon pun terlihat sudah mati langkah dan gagal mengantisipasi datangnya bola yang menuju pojok atas sebelah kiri Buffon.

View this post on Instagram

@oscar_emboaba v Juventus, seven years ago today! 💫🤩 #CFC #Chelsea

A post shared by Chelsea FC (@chelseafc) on

Dalam catatan Opta, Oscar yang saat itu berusia 21 tahun menjadi pemain kedua yang mampu mencetak gol dalam pertandingan debutnya di Liga Champions setelah Aleksey Smertin.

2 dari 2

Komentar Oscar, Pujian Buffon

Gol fantastis dari Oscar di menit ke-33 tersebut membawa Chelsea unggul dua gol lebih dahulu. Namun sayang The Blues gagal menang setelah Bianconeri menyamakan kedudukan lewat Arturo Vidal menit ke-38, dan Fabio Quagliarella pada menit ke-80.

"Saya sangat bahagia untuk mencetak gol pertama saya di Liga Champions dan gol pertama di Chelsea," ujar Oscar yang didatangkan Chelsea senilai 25 juta poundsterling ketika itu.

"Yang pertama, bolanya berbelok arah, jadi saya sedikit beruntung. Terkait gol kedua, begitu saya melakukan sentuhan pertama dan saya menendangnya, saya tahu bahwa itu akan menjadi gol," tambahnya.

"Saya sudah bermain sangat baik, jadi saya bisa mencetak gol indah ini dan saya bahagia dengan debut saya," tandasnya.

Gol kedua Oscar pada laga itu membuatnya mendapatkan banyak pujian. Tak terkecuali dari Gianluigi Buffon, kiper yang dibobol Oscar pada laga tersebut.

"Saya tak ingin mengatakan bahwa ini hal yang indah untuk kebobolan gol, tapi ini terasa indah ketika saya menjadi bagian dari gol hebat itu. Salut kepadanya," puji Buffon seraya tertawa.

Sebagai informasi, Oscar didatangkan Chelsea dari Internacional setelah tampil gemilang bersama timnas Brasil di Piala Dunia U-20 2011 dan Olimpiade London 2012. The Blues harus mengeluarkan dana sebesar 25 juta poundsterling untuk mendapatkan tanda tangan pemain yang kini bermain di Liga China bersama Shanghai SIPG tersebut.