Hasil Juventus vs Maccabi Haifa: Skor 3-1

Abdi Rafi Akmal | 6 Oktober 2022 03:52
Gelandang Juventus, Adrien Rabiot mencetak gol ke gawang Maccabi Haifa pada pekan ke-3 Grup H Liga Champions 2022/2023, Kamis (6/10/2022) dini hari WIB. (c) Juventus Official

Bola.net - Juventus akhirnya bisa meraih kemenangan perdana di fase Grup H Liga Champions 2022/2023. Bermain di Allianz Stadium, Italia, Juventus menang 3-1 atas Maccabi Haifa, Kamis (6/10/2022) dini hari WIB.

Juventus perlu menunggu hingga menit ke-35 untuk memecah kebuntuan di melalui Adrien Rabiot. Hingga babak pertama usai, Juventus hanya mampu unggul satu gol atas Maccabi.

Juventus langsung menggebrak di menit ke-50 lewat gol yang disarangkan Dusan Vlahovic. Rabiot kembali mencetak gol keduanya di menit ke-83. Satu-satunya gol hiburan oleh Maccabi dicetak oleh Din David di menit ke-76.

Kemenangan ini tidak membawa Juventus bergerak dari peringkat ke-3 klasemen Grup H. Namun setidaknya asa untuk lolos grup tetap nyala. Sementara itu, Maccabi tetap terbenam di dasar klasemen dengan raihan nol poin.

1 dari 4 halaman

Babak Pertama

Peluang pertama diciptakan oleh Dusan Vlahovic dari luar kotak penalti di menit ke-10, Tendangan mendatarnya dari luar kotak penalti setelah menerima cutback dari Juan Cuadrado masih dapat di-fingertip oleh kiper Josh Cohen.

Vlahovic kembali mendapatkan kesempatan keduanya mencetak gol dua menit berselang. Kali ini peluangnya lebih terbuka setelah mendapat umpan dari Filip Kostic. Ia berdiri bebas, namun eksekusinya justru melebar sekitar 5cm dari tiang gawang.

Maccabi Haifa sesekali juga berhasil membangun serangan. Perbedaaan kualitas pemain kerap membuat upaya serangan tim asal Israel ini kandas, meski secara sistem permainan sangat rapi dan terorganisasi.

Juventus yang terus menyerang akhirnya mencetak gol di menit ke-35 melalui Adrien Rabiot. Ia mengeksekusi tendangan dengan sangat keras dari dalam kotak penalti saat menerima umpan terobosan dari Angel Di Maria.

Jelang babak pertama berakhir, pertahanan Maccabi yang tinggi mudah dieksploitasi oleh para pemain Juventus yang punya kecepatan. Kostic dan Cuadrado jadi mesinnya. Namun, sampai 45 menit pertama berakhir,

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Di Maria kembali menunjukkan tajinya dengan menjadi pemberi assist pada gol kedua Juventus di menit ke-50. Dari area tengah, ia memberi umpan terobosan kepada Dusan Vlahovic yang akhirnya bisa mencetak gol di laga ini.

Lagi-lagi Di Maria. Ia memberikan umpan matang kepada Vlahovic. Dalam situasi satu lawan satu, kiper Cohen berhasil menepis sepakan dari Vlahovic. Bola muntah coba dieksekusi lagi oleh Di Maria, namun diblok pemain belakang.

Vlahovic sebenarnya kembali mencetak gol di menit ke-64. Ia menerima umpan terobosan dari Di Maria. Kali ini ia mengecoh kiper terlebih dahulu sebelum menyarangkan bola. Namun, hakim garis dengan jeli melihat posisi Vlahovic lebih dulu offside.

Maccabi lebih bisa menciptakan peluang di babak kedua. Peluang pertama datang dari Omer Atzili di menit ke-62 yang masih bisa diselamatkan kiper Wojciech Szczesny. Tjaronn Cherry memberi ancaman kemudian di menit ke-70, namun lagi-lagi dimentahkan kiper.

Serangan yang tidak putus asa itu berbuah hasil di menit ke-76. Din David yang baru saja masuk tiga menit sebelumnya sukses menggetarkan gawang Juventus. Ia menang adu lari dengan Gleison Bremer dan melewati hadangan Szczesny untuk dengan leluasa menceploskan bola ke gawang kosong.

Gol itu justru melecut Maccabi untuk mencetak gol kedua. Mereka punya peluang bagus di menit ke-77 dan 80’. Namun dua peluang itu gagal bersarang ke Juventus.

Di saat tertekan balik, Juventus berhasil mencetak gol lagi di menit ke-83. Sundulan Rabiot dari situasi tendangan sudut membuat Juventus memperlebar jarak lagi. Di Maria sukses mencetak hattrick assist.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Juan Cuadrado (Leonardo Bonucci 66’), Danilo, Bremer, Mattia Di Sciglio (Alex Sandro 46’); Weston McKennie, Leandro Paredes (Fabio Miretti 85’), Adrien Rabiot; Angel Di Maria, Dusan Vlahovic (Moise Kean 73’), Filip Kostic (Manuel Locatelli 66’).
Pelatih: Massimiliano Allegri

Maccabi Haifa (5-3-2): Josh Cohen; Daniel Sundgren, Sean Goldberg, Abdoulaye Seck, Dylan Batubinsika, Pierre Cornud; Ali Mohamed El Fazaz (Nikita Rukavytsya 84’), Mohammad Abu Fani, Tjaronn Chery; Frantzdy Pierrot (Din David 72’), Mavis Tchibota (Omer Atzili 72’).
Pelatih: Barak Bakhar

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR