Thierry Henry Murka Dua Momen Penting Barcelona Lawan Inter Milan Dianulir VAR

Abdi Rafi Akmal | 6 Oktober 2022 02:01
Para pemain Inter Milan dan Barcelona memperebutkan bola pada pertemuan pekan ke-3 Grup C Liga Champions 2022/2023, Rabu (5/10/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Eks penyerang Arsenal Thierry Henry murka dengan kinerja wasit, terutama VAR yang keputusannya tidak tepat. Setidaknya ada dua momen penting Barcelona yang dianulir VAR, sehingga kalah 0-1 dari Inter Milan pada pekan ke-3 Grup C Liga Champions 2022/2023, Rabu (5/10/2022) dini hari WIB.

Momen pertama datang saat Pedri berhasil mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-67. Ia memanfaatkan antisipasi umpan silang kiper Andre Onana yang tidak sempurna. Bola liar jatuh ke kakinya yang tidak terkawal.

Namun setelah melakukan pengecekan, VAR menganulir gol tersebut. Masalahnya terletak dari handball Ansu Fati tepat sebelum bola sampai ke kaki Pedri.

Namun, kemarahan Henry memuncak pada momen kedua. Barcelona punya kesempatan besar untuk mendapatkan penalti di menit ke-90+1 karena Denzel Dumfries dari tayangan ulang melakukan handball. Anehnya, VAR dan wasit justru tidak memberikan penalti.

1 dari 4 halaman

Ada Banyak Kamera

Thierry Henry. (c) asmonaco.com

Henry sampai heran dengan keputusan VAR di pertandingan. Menurutnya, ada banyak kamera televisi yang menyediakan tayangan ulang dan memperlihatkan ada tangan yang aktif dari Dumfries.

“Orang-orang di ruangan [VAR] tidak memperingatkan wasit. Saya tidak tahu soal pengalaman yang dia miliki, tetapi anak saya saja pasti tahu ada gerakan tangan di sana,” katanya kepada CBS Sport.

“Dia melihatnya, dia melihatnya dengan jelas, bahkan sampai mengirimi saya pesan ‘ada tangan yang aktif’. Mereka punya 20 juta kamera dan dia tidak bisa melihatnya? Tolong lah! Memang sudah terjadi, tetapi itu adalah keputusan yang salah,” sambung dia.

2 dari 4 halaman

Jarang Komentar

Duel Alphonso Davies dengan Denzel Dumfries di laga Inter Milan vs Bayern Munchen, Liga Champions 2022/23 (c) AP Photo

Henry menjelaskan bahwa dirinya jarang sekali berkomentar soal gol-gol yang dianulir. Namun untuk kali ini ia berkomentar lantaran yang terjadi di lapangan sangat jelas.

“Saya biasanya tidak pernah berbicara apapun soal gol yang dianulir. Tapi Dumfries jelas-jelas memotong bola dari Ansu Fati dengan tangannya,” kata Henry.

“Dia [wasit] salah, cukup. Tidak ada yang bisa dijelaskan lagi. Dia salah. Tapi sudah terjadi. Tapi itu tetap saja salah. Saya bisa salah, orang lain juga bisa. Jadi dia salah,” tegasnya berulang kali.

3 dari 4 halaman

Tiga Laga Sisa yang Berat

Penyerang Barcelona Robert Lewandowski bertarung dengan bek tengah Inter Milan Stefan De Vrij untuk memperebutkan bola pada pekan ke-3 Grup C Liga Champions 2022/2023, Rabu (5/10/2022) dini hari WIB.

Kekalahan barcelona itu membuat langkah Barcelona akan sangat berat di sisa tiga laga yang ada. Sebab, barcelona masih mengumpulkan tiga poin saat ini.

Barcelona berada di peringkat ke-3, tertinggal tiga poin dari Inter Milan dan tertinggal enam poin dari Bayern Munchen.

Jika saja Barcelona masih belum mampu mendapatkan tiga poin lawan Inter di pekan ke-4, Barcelona bisa jadi hanya akan memperebutkan tiket ke Liga Europa dengan Viktoria Plzen.

Sumber: CBS Sport

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR