FOLLOW US:


Kalahkan Bale, Van Dijk Klaim Status Pemain Tercepat Liga Champions

04-09-2019 06:00

 | Yaumil Azis

Kalahkan Bale, Van Dijk Klaim Status Pemain Tercepat Liga Champions
Virgil van Dijk usai membobol gawang Newcastle © AP Photo

Bola.net - Bek Liverpool, Virgil van Dijk, mencatatkan kecepatan tertinggi di ajang Liga Champions pada musim lalu. Hasil perhitungannya bahkan melebihi penyerang-penyerang gesit lainnya seperti Leroy Sane hingga Gareth Bale.

Pemain asal Belanda tersebut berperan besar dalam membentuk lini belakang yang kokoh pada musim kemarin. Berkat itu, Liverpool sukses keluar sebagai juara di ajang Liga Champions dengan mengalahkan Tottenham pada babak final.

Kinerja apik tersebut membuatnya mendapatkan gelar pemain terbaik UEFA musim 2018-2019. Van Dijk mengalahkan dua pemain yang kerap mendapatkan penghargaan itu, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Baru-baru ini juga, ia menjadi finalis dalam penghargaan The Best FIFA Men's Player 2019. Dan belakangan, namanya kerap disebut sebagai kandidat terkuat pemenang trofi bergengsi tingkat individual, Ballon d'Or.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Pemain Tercepat Liga Champions

Ternyata, Van Dijk tidak hanya handal dalam mengawal pertahanan. Ia juga diketahui memiliki kecepatan tinggi yang bahkan mengalahkan pemain gesit seperti Leroy Sane (Manchester City) serta Gareth Bale (Real Madrid).

Kecepatan pemain berumur 28 tahun itu yang sesungguhnya terlihat saat Liverpool bertemu Barcelona pada leg pertama perempat final Liga Champions musim lalu. Dari laporan UEFA, Van Dijk mencatatkan kecepatan lari 34,5 kilometer per jam.

Momennya bisa dilihat saat Messi tengah memimpin serangan kala Barcelona sudah unggul 3-0. Van Dijk mundur untuk mencegah penyerang asal Argentina itu mengirimkan bola kepada salah satu dari Jordi Alba dan Luis Suarez yang juga ikutan menyerang.

2 dari 2

Ungguli Gareth Bale

Van Dijk hanya unggul sedikit dari Leroy Sane yang mencatatkan kecepatan 34,4 kilometer per jam saat bertemu Hoffenheim. Juga melebihi bek Manchester City, Kyle Walker, yang memiliki kecepatan 34,2 kilometer per jam saat melawan Tottenham di perempat final.

Pada posisi empat ada Gareth Bale dengan catatan 33,8 kilometer per jam saat Real Madrid bertemu AS Roma. Lalu disusul mantan pemain Schalke, Breel Embolo, Rafa Silva, dan Sane lagi - semua mencatatkan kecepatan lari 33,5 kilometer per jam.

Sementara itu, Dusan Tadic menjadi pemain yang paling banyak melakukan sprint di ajang Liga Champions. Pemain Ajax Amsterdam tersebut mengantongi catatan 62,25 sprint dan mengungguli penggawa Napoli, Jose Callejon, yang melakukan 55,83 kali sprint.

(Goal International)