FOLLOW US:


Lionel Messi Hebat, tapi 3 Hal Ini Buat Ronaldo Lebih Komplet!

15-09-2021 04:00

 | Richard Andreas

Lionel Messi Hebat, tapi 3 Hal Ini Buat Ronaldo Lebih Komplet!
Cristiano Ronaldo melakukan pemanasan jelang laga MU vs Newcastle di Old Trafford, Sabtu (11/9/21) malam WIB. © AFP/Oli Scarff

Bola.net - Perdebatan Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo terkait status pemain terbaik sepanjang masa kembali jadi topik menarik. Kali ini ada Gary Neville yang diminta memilih.

Musim 2021/22 ini diyakini bakal memberikan sejumlah kejutan. Betapa tidak, kejutan-kejutan itu sudah dimulai sejak bursa transfer kemarin dan seharusnya akan terus berlanjut hingga akhir musim nanti.

Kepindahan Lionel Messi dari Barcelona ke PSG dan transfer Cristiano Ronaldo dari Juventus ke Manchester United. Pergantian klub dua pemain top ini saja sudah jadi kejutan besar musim panas lalu.

Perpindahan dua pemain top bersamaan tentu kembali memanaskan diskusi. Seperti biasa, perbandingan Messi vs Ronaldo kembali disuarakan. Kali ini ada Gary Neville yang bicara.

Menurutnya, Ronaldo layak disebut sebagai pemain yang lebih baik dari Messi. Apa kata Neville?

1 dari 2

3 keunggulan Ronaldo

Neville mengakui dua pemain top ini sama-sama luar biasa, bermain di level tertinggi. Namun, jika harus memilih, dia yakin Ronaldo adalah pemain yang lebih komplet daripada Messi.

Setidaknya ada 3 hal yang membuat Ronaldo layak diunggulkan dalam perdebatan ini. Neville tahu Messi hebat, tapi Ronaldo lebih solid.

"Tidak perlu diragukan lagi bahwa Messi telah mencetak begitu banyak gol, dia pemain luar biasa," ujar Neville di Sky Sports.

"Namun, soal Ronaldo, ada tiga perbedaan besar. Yaitu sundulannya, bahwa Ronaldo sudah mencetak gol tiga kali sampai empat kali lipat lebih banyak, gol dari kaki lemah sekitar 30-40% lebih banyak, dan dia mencetak lebih banyak penalti."

2 dari 2

Lebih komplet

Dalam tiga kriteria tersebut, Ronaldo masih lebih unggul daripada Messi. Karena itulah Neville percaya bahwa Ronaldo lebih layak disebut sebagai pemain terbaik di dunia.

"Hal-hal itu menuntun saya sampai pada kesimpulan bahwa Ronaldo jauh lebih komplet. Gol-gol internasional, juara Liga Champions, dia melakukannya bersama tim yang tidak sebagus tim Messi," lanjut Neville.

"Itu membuat saya menyimpulkan bahwa dia adalah pemain terbaik sepanjang masa, menurut saya," tutupnya.

Sumber: Sky Sports