FOLLOW US:


Lionel Messi sang Raja Dribel: 12 Tahun Tak Tersaingi!

28-07-2020 07:40

 | Richard Andreas

Lionel Messi sang Raja Dribel: 12 Tahun Tak Tersaingi!
Lionel Messi mendapat pengawalan ketat pada laga pekan ke-31 La Liga 2019/2020 melawan Athletic Bilbao (24/6/2020) © AP Photo

Bola.net - Meski gagal meraih trofi La Liga musim ini, Lionel Messi tetap memecahkan sejumlah rekor sepanjang musim 2019/20. Di level individu, nyaris tak ada yang bisa mengalahkan kapten Barcelona ini.

Messi berhasil menjadi top scorer La Liga dengan 25 gol, yang membuatnya meraih trofi Pichichi ke-7. Dia juga mengoleksi total 21 assists, yang merupakan rekor baru di La Liga.

Sayangnya Barcelona diserang sejumlah masalah sepanjang musim, bahkan sampai memecat Ernesto Valverde. Andai kondisi tim lebih baik, mungkin penghargaan individu Messi bisa dilengkapi dengan trofi kolektif.

Selain jadi raja gol dan raja assist, Marca mengklaim bahwa Messi sekali lagi jadi raja dribel di La Liga. Apa maksudnya? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 2

Messi raja tribel

Tercatat, Messi menuntaskan 182 dribel sukses di La Liga. Angka itu nyaris dua kali lipat lebih banyak dari torehan Nabil Fekir, yang ada di posisi kedua dengan 98 dribel sukses.

Di bawah dua pemain ini, ada Andre-Frank Zambo Anguissa (86 dribel sukses) dan Fabian Orellana (69). Mereka adalah empat besar jago dribel di La liga musim ini.

Torehan Messi ini membuatnya mengambil kembali takhta raja dribel yang musim lalu dicomot pemain Celta Vigo, Sofiano Boufal. Kala itu Messi kalah 10 dribel dari penyerang Maroko ini.

2 dari 2

12 tahun terakhir

Lebih lanjut, dalam 10 tahun terakhir, Messi meraih gelar raja dribel La Liga sebanyak 6 kali. Musim ini, dengan 182 dribel, dia menorehkan catatan ketiga terbaiknya, hanya 4 angka di bawah rekor 186 dribel di musim 2010/11.

Jika ruang lingkupnya diperluas, tidak ada pemain di Eropa yang bisa menyamai catatan dribel sukses Messi dalam 12 tahun terakhir. Usia boleh menua, tapi kaki-kaki Messi masih sama gesitnya.

Messi juga punya lawan favorit yang sering menderita menghadapi kegesitannya. Masih menurut Marca, Atletico Madrid adalah tim yang paling sering dibuat tidak berdaya dengan dribel Messi.

Musim ini Messi membuat 16 dribel sukses saat melawan pasukan Diego Simeone itu, dengan total 130 dribel sukses sejak musim 2008/09.

Sumber: Marca