FOLLOW US:


Liverpool vs AC Milan: Catatan Jurgen Klopp Ungguli Stefano Pioli

15-09-2021 10:53

 | Asad Arifin

Liverpool vs AC Milan: Catatan Jurgen Klopp Ungguli Stefano Pioli
Liverpool vs AC Milan di penyisihan grup Liga Champions 2021-2022. © Bola.net/Boni Sutanto

Bola.net - Liverpool akan menghadapi AC Milan pada laga Grup B Liga Champions 2021/2022. Palagan ini bakal dihelat di Anfield, Kamis (16/09) dini hari WIB.

Laga ini akan menjadi pertemuan bagi dua klub besar. Liverpool dan AC Milan merupakan dua klub dengan sejarah dan catatan prestasi panjang di kancah sepak bola Eropa.

Tak hanya bakal menjadi ajang adu teknik pemain kedua tim, laga antara AC Milan dan Liverpool ini juga akan menjadi arena adu siasat antara pelatih kedua tim. Jurgen Klopp, juru taktik Liverpool, akan adu cerdik dengan pelatih AC Milan, Stefano Pioli.

Bagaimana catatan-catatan kedua pelatih ini menjelang pertemuan mereka di Anfield dini hari nanti? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 6

Pioli Lebih Dulu Masuk Dunia Kepelatihan

Pioli Lebih Dulu Masuk Dunia Kepelatihan
Pelatih AC Milan, Stefano Pioli (kanan), memberikan instruksi kepada Zlatan Ibrahimovic sebelum masuk sebagai pengganti dalam laga kontra Lazio hari Minggu (12/9/2021). © AP Photo

Kedua pelatih tersebut, Klopp dan Pioli, memiliki usia relatif sebaya. Klopp berusia 54 tahun. Sementara, Pioli setahun lebih tua.

Urusan masuk ke dunia kepelatihan, Pioli lebih dulu ketimbang Klopp. Ia meretas karier kepelatihan dengan menjadi manajer Bologna U-19 pada Juli 2000, setahun setelah ia pensiun sebagai pesepak bola profesional. Klub terakhir yang diperkuatnya adalah Colorno.

Pada 27 Februari 2001, Klopp pensiun dari 1.FSV Mainz 05 dan mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola profesional. Sehari berselang, ia ditunjuk sebagai manajer 1.FSV Mainz 05.

2 dari 6

Klopp Unggul Jumlah Pertandingan, Pioli Menang Jumlah Klub

Klopp Unggul Jumlah Pertandingan, Pioli Menang Jumlah Klub
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp © AP Photo

Lebih lambat masuk ke dunia kepelatihan, Klopp unggul jumlah pertandingan yang dilakoninya sebagai pelatih ketimbang Pioli. Sejauh ini, Klopp sudah 907 kali memimpin anak asuhnya dalam laga di level profesional. Sementara, Pioli mencatatkan 721 laga sebagai nakhoda tim di level profesional.

Namun, soal jumlah klub yang ditangani, Pioli unggul mutlak dari Klopp. Sejauh ini, ia sudah menangani 14 tim sepanjang kariernya. Sementara, Klopp baru menakhodai tiga klub saja sepanjang karier kepelatihannya.

3 dari 6

Raihan Klopp Lebih Mentereng

Raihan Klopp Lebih Mentereng
Jurgen Klopp. © Pool AFP via AP Photo

Urusan raihan sepanjang menangani tim di level profesional, Klopp lebih unggul ketimbang Pioli. Sejauh ini, pelatih asal Jerman tersebut telah mengoleksi 1655 poin. Ini merupakan hasil 483 kemenangan, 206 hasil imbang, dan 218 kekalahan.

Rataan poin per pertandingan Klopp ada di angka 1,824 poin.

Sementara, dalam perjalanan kariernya, Pioli mengoleksi 1074 poin. Ini merupakan hasil 287 kemenangan, 213 hasil imbang, dan 221 kekalahan.

Rataan poin per pertandingan Pioli ada di level 1,489.

4 dari 6

Serangan Tim Besutan Klopp Lebih Tajam

Dari catatan yang ada, tampak bahwa kedua pelatih memiliki gaya sendiri dalam menangani timnya. Skuad besutan Klopp memiliki rataan gol lebih tinggi ketimbang tim yang dilatih Pioli.

Dari 907 laga, tim-tim besutan Klopp secata total mencetak 1055 gol. Artinya, dalam tiap laga, rata-rata, tim besutan Klopp mencetak 1,932 gol.

Di sisi lain, dari 721 laga, tim-tim besutan Pioli secara total mencetak 1006 gol. Artinya, dalam tiap laga, rata-rata, tim besutan Pioli mencetak 1,395 gol.

5 dari 6

Benteng Klopp Lebih Kokoh Ketimbang Gerendel Pioli

Unggul soal ketajaman timnya dalam mencetak gol, Klopp juga unggul dari skuad Pioli dalam bertahan. Rataan gol kebobolan tim Klopp lebih kecil ketimbang tim besutan Pioli.

Dari 721 laga, skuad besutan Pioli kebobolan 847 gol. Artinya, rata-rata, dalam tiap pertandingan, gawang mereka kebobolan sebanyak 1,174 gol.

Di sisi lain, dalam 907 laga, tim asuhan Klopp kebobolan 1055 gol. Artinya, dalam tiap laga, rata-rata, gawang mereka kebobolan 1,164 gol.

6 dari 6

Klopp Menang Pengalaman di Eropa, Pioli Unggul Raihan Poin

Klopp Menang Pengalaman di Eropa, Pioli Unggul Raihan Poin
Stefano Pioli © LaPresse via AP Photo

Di kancah kompetisi Eropa, Klopp lebih berpengalaman ketimbang Pioli. Sejauh ini, ia sudah lebih dari seratus kali memimpin timnya berlaga di kancah Eropa.

Laman Transfermarkt mencatat bahwa Klopp sudah memimpin anak asuhnya sebanyak 113 kali di kancah Eropa. Sementara, Pioli baru 35 kali memimpin anak asuhnya di kancah Eropa.

Namun, soal raihan poin, Pioli bisa mengungguli koleganya tersebut. Dari 35 laga di kancah Eropa, Pioli mengoleksi 67 poin, Artinya, dalam tiap laga, rata-rata timnya meraih 1,91 poin.

Sementara, dalam 113 laga di kancah Eropa, Klopp meraih 203 poin. Artinya, dalam tiap laga, skuad besutan Klopp meraih 1,80 poin.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)