FOLLOW US:


Melihat Lagi Gol Terpenting yang Dicetak Steven Gerrard di Anfield

29-05-2020 13:23

 | Gia Yuda Pradana

Melihat Lagi Gol Terpenting yang Dicetak Steven Gerrard di Anfield
Steven Gerrard © Bola.net

Bola.net - Steven Gerrard adalah salah satu legenda Liverpool. Selama periode 1998-2015, mantan kapten Liverpool itu mencetak total 186 gol dalam 710 penampilan untuk klub.

Gerrard pun telah mencetak banyak gol penting, terutama di Anfield. Namun, ada satu gol yang sangat krusial.

Gol itu dicetaknya ke gawang Olympiakos, dan dengan cara yang mengagumkan.

1 dari 4

Liga Champions 2004/05, Nyaris Kandas

Liverpool menjamu Olympiakos di Anfield pada matchday terakhir fase grup Liga Champions 2004/05. Laga itu digelar 8 Desember 2004.

Pasukan Rafael Benitez wajib mengalahkan Olympiakos untuk lolos ke fase berikutnya. Mereka nyaris kandas.

Tim tamu membuka keunggulan lewat tendangan bebas Rivaldo di menit 26. Pada titik itu, Liverpool butuh tiga gol jika ingin lolos ke babak 16 besar.

Liverpool bangkit dan membalas melalui gol Florent Sinama Pongolle di menit 47. Namun, Liverpool baru bisa mencetak gol kedua di menit 81, melalui Neil Mellor.

Itu belum cukup. Liverpool butuh satu gol lagi.

Di menit 86, gol ketiga itu akhirnya mereka dapatkan. Gerrard mencetak sebuah gol spektakuler untuk memastikan kemenangan sekaligus kelolosan timnya.

2 dari 4

Kemenangan Dramatis di Anfield

Tembakan jarak jauh merupakan salah satu senjata terkuat Gerrard. Dengan senjata itu pula dia membobol gawang Olympiakos untuk memastikan kemenangan dramatis Liverpool di Anfield.

Dengan waktu normal hanya tersisa empat menit, ketika Liverpool benar-benar membutuhkan gol, sang kapten membuktikan bahwa dia selalu ada untuk timnya.

Liverpool menang 3-1 dan finis dengan 10 poin di Grup A. Olympiakos sejatinya juga memiliki 10 poin, tapi Liverpool (yang kalah 0-1 di Yunani pada matchday 2) unggul head-to-head.

Liverpool lolos mendampingi AS Monaco, yang finis dengan 12 poin.

3 dari 4

Berikut Cuplikan Golnya

4 dari 4

Andai Tak Ada Gol Itu

Liverpool musim itu pada akhirnya sukses keluar sebagai juara. Liverpool meraih titelnya yang ke-5.

Dalam laga final melawan AC Milan di Istanbul, Liverpool kembali menunjukkan aksi comeback luar biasa. Tertinggal 0-3 di babak pertama, Gerrard dan kawan-kawan menyamakan kedudukan jadi 3-3 di babak kedua.

Tak ada gol tambahan di extra time, Liverpool kemudian menang adu penalti dan mengangkat trofi juara. Momen ini dikenang dengan sebutan 'Keajaiban Istanbul', dan jadi salah satu momen yang paling tidak terlupakan.

Namun, momen ini tidak bakal tercipta andai Liverpool gugur di fase grup. Andai tidak ada gol Gerrard itu...