FOLLOW US:


Mengapa Wasit Tak Mengecek VAR Saat Menghibahkan Penalti ke Liverpool?

02-06-2019 10:41

 | Yaumil Azis

Mengapa Wasit Tak Mengecek VAR Saat Menghibahkan Penalti ke Liverpool?
Mohamed Salah merayakan gol penalti yang ia buat ke gawang Totenham Hotspurs pada Final Liga Champions 2018/2019 pada hari Minggu (2/6) © AP Photo

Bola.net - Gol penalti Mohamed Salah ke gawang Tottenham di ajang final Liga Champions hari Minggu (2/6) menjadi penentu kemenangan Liverpool. Banyak yang bertanya-tanya mengapa wasit tidak mengecek VAR sebelum menunjuk titik putih.

Momen tersebut terjadi saat pertandingan baru berlangsung selama dua menit. Semuanya bermula kala penyerang Liverpool, Sadio Mane, menendang bola dan menyentuh pemain Tottenham, Moussa Sissoko, di kotak terlarang.

Bola hasil tendangan pemain asal Senegal itu sempat menyentuh dada, lalu menjalar ke tangan Sissoko. Insiden tersebut membuat wasit tak ragu untuk menghadiahkan penalti kepada skuat asuhan Jurgen Klopp tersebut.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Keputusan Wasit Diragukan

Banyak yang beranggapan bahwa wasit telah salah memberikan hadiah penalti kepada Liverpool. Sebab sebelum mengenai tangan Moussa Sissoko, bola telah menyentuh dadanya lebih dulu hingga menyusur ke tangannya.

Pendukung Tottenham di media sosial berharap wasit setidaknya mengecek VAR lebih dulu sebelum menjautuhan keputusan. Sama halnya dengan eks pelatih Inggris, Glenn Hoddle, yang ragu dengan keabsahan hukuman tersebut.

"Bola mengenai dada terlebih dahulu sebelum mengenai tangan. Apakah ada kesengajaan dari Sissoko saat bola bergulir dari dada ke tangan? Saya rasa tidak. Penalti layak diberikan kalau bola langsung mengenai tangan," tutur Hoddle, yang juga pernah membela Tottenham.

2 dari 2

Alasan Wasit Tak Mengecek VAR

Publik pun bertanya-tanya, mengapa wasit tidak menyaksikan ulang kejadian melalui layar VAR? Media asal Inggris, Mirror, punya asalan yang masuk akal.

Disebutkan bahwa wasit tidak membutuhkan VAR untuk memastikan bahwa bola menyentuh tangan Sissoko. VAR hanya akan dibutuhkan jika wasit harus melakukan pengecekan ulang terhadap sebuah insiden.

Selain itu, Damir Skomina selaku pemimpin pertandingan juga mendapat bantuan dari petugas VAR yang menyaksikan tayangan ulang insiden melalui video. Sehingga, wasit pun tak wajib untuk menyaksikan tayangan ulang di pinggir lapangan.

Mohamed Salah kemudian berhasil menjebol gawang Hugo Lloris. Liverpool pun bermain lebih tenang, bahkan sukses menggandakan kedudukan melalui aksi Divock Origi beberapa menit sebelum pertandingan berakhir.