FOLLOW US:


Mengulik 2 'Sidekick' Penting di Laga Barcelona vs Bayern Munchen: Suarez dan Muller

14-08-2020 23:05

 | Yaumil Azis

Mengulik 2 'Sidekick' Penting di Laga Barcelona vs Bayern Munchen: Suarez dan Muller
Striker Barcelona, Luis Suarez © AP Photo

Bola.net - Lionel Messi dan Robert Lewandowski akan menjadi pusat perhatian dalam duel antara Barcelona vs Bayern Munchen di ajang Liga Champions hari Sabtu (15/8/2020). Tetapi pemain penting lainnya jelas tidak boleh dilupakan begitu saja.

Kedua tim tersebut diberkahi oleh materi pemain yang berkualitas di setiap lini. Di antara mereka, sudah ada pemain yang lama malang melintang dalam dunia sepak bola serta meraih sejumlah trofi bergengsi.

Masing-masing tim juga memiliki sosok pembeda. Barcelona diperkuat oleh Lionel Messi yang sudah meraih enam piala Ballon d'Or semasa karirnya. Sementara Munchen punya Robert Lewandowski yang dikenal dengan ketajamannya.

Kedua pemain ini selalu menjadi tumpuan utama bagi timnya masing-masing. Namun, baik Messi dan Lewandowski bakal kesulitan jika tidak didukung oleh pemain hebat yang ada di sekelilingnya.

Ibarat Batman dan Robin, Messi dan Lewandowski juga punya sosok 'sidekick' yang setia membantunya. Luis Suarez untuk Messi, dan Thomas Muller buat Lewandowski.

Di bawah ini terdapat sedikit catatan penting yang membuat keduanya pantas disebut sebagai 'sidekick' Messi dan juga Lewandowski. Yuk simak informasi dari Marca berikut ini.

1 dari 2

Sidekick Messi: Luis Suarez

Sidekick Messi: Luis Suarez
Luis Suarez, Lionel Messi dan Antoine Griezmann © AP Photo

Sudah enam tahun terlewati sejak Luis Suarez pertama kali mendarat di Camp Nou. Pemain berkebangsaan Uruguay tersebut direkrut dari Liverpool dengan mahar sebesar 82,3 juta pounds.

Sudah ada tiga pelatih yang pernah menukangi Barcelona sejak masa itu, namun Suarez nyaris selalu masuk dalam starting XI. Jikalau absen, besar kemungkinannya itu dikarenakan cedera atau sedang diistirahatkan untuk pertandingan penting.

Berkat Suarez, Messi jadi tidak merasakan dampak kehilangan David Villa dan Pedro yang harus meninggalkan Barcelona. Sejauh ini, Suarez telah membantu Messi mencetak 55 gol. Messi pun membalas budi sebanyak 41 kali.

Begitu besarnya perannya, sampai-sampai Barcelona harus pontang-panting mencari sosok penggantinya. Ya, perjalanan Suarez bersama Barcelona sebentar lagi akan usai mengingat usianya yang tidak lagi muda.

Belakangan, Barcelona kerap dikaitkan dengan Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) dan Lautaro Martinez. Meski keduanya sudah teruji sebagai striker yang hebat, belum tentu mereka mampu membantu Lionel Messi di lini depan.

Terlepas dari itu, peran Suarez dalam laga dinihari nanti akan sangat besar. Ia merupakan salah satu lumbung gol Barcelona pada musim ini, dengan catatan 20 gol dan 12 assist dari 35 penampilan di semua kompetisi.

2 dari 2

Sidekick Lewandowski: Thomas Muller

Sidekick Lewandowski: Thomas Muller
Thomas Muller, bintang kemenangan Bayern Munchen atas Fenerbahce © AP Photo

Muller bisa dikatakan sebagai 'senior' Lewandowski di Bayern Munchen. Wajar demikian, sebab dirinya sudah menjadi bagian dari Die Bavarians sejak tahun 2000 . Kesetiannya nyaris tiada tara.

Memang, secara hirarki Muller pantas disebut sebagai senior Lewandowski. Namun kalau sudah berada di lapangan, pria berusia 30 tahun tersebut merupakan pelayan utama sang penyerang beserta pemain lainnya.

Performa terbaik Muller selalu muncul saat dipadankan dengan pemain berkebangsaan Polandia tersebut. Selama ditukangi Hansi Flick, Muller membuat publik jadi semakin yakin bahwa dia pun pantas disebut sebagai sosok kunci tim.

Sejauh ini, Muller sudah memproduksi sebanyak 12 gol dan 25 assist. 21 di antaranya diciptakan di Bundesliga. Ngomong-ngomong, Muller memegang rekor sebagai pemain dengan assist terbanyak dalam satu musim di sejarah kompetisi.

Menarik untuk melihat bagaimana kiprah Suarez dan Muller dalam pertandingan dinihari nanti. Atau mungkin keduanya justru menjadi sosok pembeda kala Messi dan Lewandowski sedang mengalami hari yang buruk.

(Marca)