FOLLOW US:


'Messi Benar, Barca Dihajar Liverpool Karena Pemain Bukan Valverde'

27-05-2019 11:00
'Messi Benar, Barca Dihajar Liverpool Karena Pemain Bukan Valverde'
Reaksi Lionel Messi © AP Photo

Bola.net - Lionel Messi tak salah dengan mengatakan bahwa para pemain Barcelona yang pantas disalahkan atas kekalahan memalukan dari Liverpool di Liga Champions. Demikian dikatakan Steve Nicol.

Perjalanan Barcelona di Liga Champions musim ini berakhir dengan buruk. Memiliki keunggulan besar lewat kemenangan 3-0 di leg pertama semifinal, Blaugrana justru tak mampu mempertahankan keunggulan itu di leg kedua.

Tandang ke markas Liverpool untuk menjalani leg kedua semifinal Liga Champions dengan modal tiga gol, Lionel Messi dkk justru dipermalukan. Barca diberondong empat gol tanpa balas dan memastikan mereka tersingkir dengan agregat 3-4.

Usai kekalahan memalukan itu, beberapa waktu lalu Lionel Messi membuat pengakuan mengejutkan. Menurutnya, para pemain yang patut disalahkan atas hasil buruk itu, bukan sang pelatih.

"Jujur saja, saya pikir dia telah melaksanakan tugasnya dengan baik," ujarnya seperti dilansir Metro.

"Bukan dia yang seharusnya disalahkan atas tersingkirnya kami atas Liverpool. Kami (pemain) yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi. Kami tahu apa yang terjadi tahun lalu tak boleh terulang. Itu bisa terjadi sekali, tapi tidak dua kali berturut-turut," tambahnya.

"Yang tidak bisa dimaafkan adalah kami tidak bersaing di Anfield. Mereka melewati kami. Rasa kecewanya sangatlah besar. Kami harus meminta maaf karena tidak berjuang agar bisa mencapai final," tandasnya.

Dan menurut Steve Nicol, pernyataan Lionel Messi tersebut adalah tepat. Dan berikut adalah komentar selengkapnya.

1 dari 1

Messi Sudah Benar

Steve Nicol sepakat dengan Lionel Messi dan mengatakan Ernesto Valverde tak bisa lagi berbuat lebih untuk menghindarkan Barcelona dari kekalahan telak dari Liverpool itu.

"Saya yakin, Messi percaya bahwa Valverde harusnya bertahan," ujarnya kepada ESPN FC.

"Barcelona merupakan sebuah tim yang bermain dengan satu cara dan para pemain hanya ingin bermain dengan satu cara itu," tambahnya.

"Barcelona bukan tim yang akan berpikir, 'Baik, bila keadaan menjadi sulit, kami selalu bisa memainkan bek tambahan atau kami bisa memainkan pemain di tengah yang akan berlarian dan menendang pemain lawan dan mengejar mereka'. Itulah bagaimana Barcelona dibangun. Jadi ini sangat sulit," tambahnya

Dan ditambahkan oleh Nicol, Valverde sudah tepat untuk tidak memaksakan bermain dengan pola yang berbeda. Menurutnya, bila itu dipaksakan justru bisa lebih buruk lagi.

"Andai dia mencoba bermain dengan 4-5-1 dan mulai menempatkan pemain di posisi yang mereka sendiri tak tahu, itu bisa saja jadi lebih buruk. Jadi saya pikir ini bukan karena Valverde."

"100 persen dalam pandangan saya, ini karena para pemain yang bermain untuk Barcelona malam itu.Mereka tak mendapatkan bola, mereka tak mau bertahan yang mana itu harusnya mereka lakukan," tandasnya.